Inggris Bangun Stasiun Peluncuran Pesawat Luar Angkasa

Agnes Savithri, CNN Indonesia | Senin, 16/07/2018 07:53 WIB
Inggris Bangun Stasiun Peluncuran Pesawat Luar Angkasa Ilustrasi. (Foto: NASA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Skotlandia Utara akan menjadi rumah bagi situs peluncuran komersial pertama di Inggris.

Iming-iming dari penghasilan bisnis luar angkasa ini memicu berbagai negara untuk meluncurkan komponen yang dibutuhkan mengorbit. Salah satu negara yang masuk ke dalam peruntungan bisnis ini adalah Inggris.

Dilansir dari Bloomberg, Senin lalu, mereka mengumumkan rencana untuk membangun stasiun peluncuran pesawat luar angkasa vertikal komersial pertama di Utara Skotlandia. Badan Luar Angkasa Inggris mengungkapkan Skotlandia Utara menjadi lokasi geografis yang strategis untuk menjadi stasiun peluncuran pertama.


Pasalnya, saat ini sebagian besar peluncuran komersial berasal dari Florida dan Guyana, Prancis. Dua lokasi ini menjadi tempat NASA dan European Space Agency beroperasi karena kedekatannya dengan khatulistiwa.
Lokasi dekat khatulistiwa menawarkan akses yang lebih mudah untuk satelit yang terikat untuk orbit geostasioner.

Parlemen meloloskan UU Industri Luar Angkasa awal tahun ini, yang bertujuan untuk membantu bangsa memanfaatkan minat komersial yang berkembang di ruang angkasa. Para pendukung mengatakan upaya itu akan membawa pekerjaan baru dan miliaran poundsterling ke ekonomi Inggris.
Pemerintah juga mengalokasikan dana 50 juta pound (sekitar US$ 66,2 juta) untuk membantu industri lebih jauh.

Chief Executive UK Space Agency Graham Turnock mengungkapkan pihaknya berkomitmen untuk mendukung pasar komersial ke luar angkasa.
"Kami berkomitmen untuk mendukung pasar komersial untuk akses ke ruang angkasa di Inggris, dan kami akan terus terlibat dengan perusahaan mana pun yang ingin beroperasi di sini," ujarnya seperti dikutip oleh Bloomberg.

Di sisi lain Atlantik, pengejaran kekayaan ruang modern ini telah memacu rencana kapal antariksa baru di seluruh Amerika, dari Georgia ke Colorado, Alaska ke Guam. Di Kanada, perusahaan bernama Maritime Launch Services Ltd. sedang merencanakan pelabuhan antariksa komersial pertama di timur Novia Scotia, dengan peluncuran awal direncanakan pada 2021.

Ledakan infrastruktur peluncuran menimbulkan pertanyaan tentang kecepatan dan ruang lingkup kegiatan komersial di luar angkasa.
Pejabat AS dan Inggris akan segera memulai pembicaraan formal tentang kesepakatan untuk menetapkan perlindungan hukum dan teknis untuk teknologi ruang angkasa AS yang sensitif untuk digunakan di Inggris. Hal tersebut diungkapkan oleh Badan Luar Angkasa Inggris. Perjanjian seperti itu akan mempermudah pesawat milik perusahaan AS untuk diluncurkan dari pelabuhan antariksa Inggris.

Inggris menghasilkan hampir setengah dari satelit kecil dan sekitar seperempat dari satelit telekomunikasi dunia, menurut badan antariksa. (age/age)