Pabrik Terbesar Samsung di India Produksi Semua Tipe Ponsel

RBC, CNN Indonesia | Selasa, 17/07/2018 01:32 WIB
Pabrik Terbesar Samsung di India Produksi Semua Tipe Ponsel Ilustrasi (CNN Indonesia/Kustin Ayuwuragil)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pabrik baru Samsung di India nantinya akan memproduksi semua tipe ponsel Samsung, mulai dari ponsel low-end hingga tipe flagship unggulannya, Galaxy S9.

Ponsel hasil produksi pabrik yang berlokasi di Sektor 81 Noida, Uttar Pradesh, India ini rencananya akan digunakan untuk memenuhi permintaan di India. Meski tak menutup kemungkinan juga untuk kebutuhan ekspor ke Afrika, Asia Barat, dan Eropa.

India saat ini menjadi pasar pasar ponsel terbesar kedua dunia setelah China. Menggeser posisi Amerika Serikat yang tahun lalu ada di posisi tersebut. Selain itu, India juga jadi negara dengan pertumbuhan pasar smartphone tercepat di antara 20 negara pasar ponsel terbesar dunia.


Populasi India saat ini mencapai 1,4 miliar penduduk, tetapi hanya lebih dari 400 juta di antaranya yang menggunakan ponsel pintar. Dengan demikian masih ada 1 miliar pasar yang bisa digarap oleh para produsen ponsel.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Cisco System, akan ada 780 juta ponsel pintar di India pada tahun 2021 mendatang.

Lebih lanjut, menurut data dari International Data Corporation (IDC), pasar ponsel pintar di India meningkat sebesar 14 persen dengan total pengapalan hingga 124 juta unit di tahun 2017.

"Kami berjalan selaras dengan kebijakan pemerintah dan akan terus mencari dukungan mereka untuk mencapai impian kami, yaitu menjadikan India sebagai pusat ekspor ponsel global," ujar CEO Samsung India, H. C. Hong, dikutip dari Bloomberg.

Modi menarik para investor internasional untuk berinvestasi di India dengan program "Make In India." Tahun lalu, negara ekonomi terbesar ketiga di Asia ini berhasil menarik investasi hingga US$62 miliar (sekitar Rp891,2 triliun).

Program "Make In India" memang membuat sejumlah produk impor terjena pajak tambahan sebesar 20 persen. Dengan demikian, harga barang impor jadi lebih mahal ketimbang membuat pabrik sendiri di India.

Itu sebabnya sejumlah perusahaan ponsel besar seperti Xiaomi, Oppo, dan Samsung membangun pabrik di India, selain karena potensi pasarnya yang besar. Apple juga dikabarkan sudah mulai membuat ponsel tipe SE dan 6S di India.

India menjadi salah satu negara yang menyumbang pendapatan terbesar ponsel Samsung. Kontribusi India pada 2017 lalu mencapai US$5 miliar atau naik 27 persen dari periode yang sama. (eks/eks)