iPhone Resmi Tak Lagi Pakai Cip Modem Qualcomm

RBC, CNN Indonesia | Jumat, 27/07/2018 08:38 WIB
iPhone Resmi Tak Lagi Pakai Cip Modem Qualcomm Ilustrasi iPhone. (Foto: REUTERS/Hannibal Hanschke)
Jakarta, CNN Indonesia -- Qualcomm mengumumkan bahwa perusahaannya tidak menyuplai cip modem untuk tiga model iPhone yang akan dirilis tahun ini.

"Apple lebih memilih untuk menggunakan modem milik kompetitor kami dalam produk iPhone mendatang," ujar Kepala bagian keuangan Qualcomm George Davis

Hal ini sebenarnya tak menjadi kejutan, mengingat sejak awal tahun 2017 hingga saat ini kedua perusahaan memang sedang berseteru mengenai hak paten. Selain itu, selama ini telah santer beredar rumor bahwa Apple memang tak lagi menggunakan cip modem Qualcomm gara-gara perselisihan itu. Alih-alih ia menggunakan cip modem Intel.


Meski demikian, pihak Qualcomm beranggapan bahwa keputusan Apple ini belum tentu menjadi akhir kerja sama antara keduanya.

Kepala bisnis cip Qualcomm, Cristiano Amon mengatakan bisnis ini bersifat sangat dinamis, dan masih ada kemungkinan bahwa di masa depan produk-produk Apple akan kembali menggunakan cip milik Qualcomm.

Dulu, seluruh produk iPhone menggunakan cip yang diproduksi oleh Qualcomm. Namun, saat ini sebagian produk Apple menggunakan cip 4G besutan Intel. Oleh sebab itu, Qualcomm berasumsi kemungkinan seluruh iPhone yang dirilis tahun ini akan menggunakan cip besutan pesaingnya.

Padahal, sebelumnya Apple juga menunjukkan sinyal akan menjauh dari Intel. Pasalnya, Apple dilaporkan telah memberi tahu Intel bahwa ia tidak akan menggunakan modem Intel untuk model iPhone yang dirilis 2020 mendatang.

Hingga saat ini belum dapat dipastikan chipset apa yang akan tertanam di dalam ponsel iPhone 2018. Pihak Apple dan Intel menolak ketika dimintai komentar oleh Cnet terkait hal ini. (eks/evn)