GIIAS 2018

Merek Mobil Inggris Percayakan Perakitan di Pabrik Sunter

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Minggu, 05/08/2018 12:00 WIB
Merek Mobil Inggris Percayakan Perakitan di Pabrik Sunter MINI Countryman dirakit di PT Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara. (jaydevbulsara0/Pixabay)
Tangerang, CNN Indonesia -- BMW Group Indonesia mengumumkan merakit lokal mobil MINI Countryman di PT Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara.

Ini bagian dari strategi investasi sebesar Rp20 miliar yang sebelumnya telah merakit lokal BMW X3. Efek dari perakitan lokal ini mampu menghemat isi kantong konsumen hingga Rp96 juta.

"Pencapaian ini sangat penting bagi MINI Indonesia, karena ini merupakan pertama kalinya model MINI dirakit secara lokal. Saya yakin ini bisa semakin memperluas segmen MINI," kata Presiden Direktur BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan di ICE BSD, Tangerang, Jumat (3/8).


Sebelumnya BMW Group Indonesia menjual Countryman Cooper dengan harga Rp660 juta off-the-road, namun kini harga yang ditawarkan menjadi Rp599 juta off-the-road. Sementara varian Cooper S dijual Rp769 juta off-the-road dari sebelumnya mencapai Rp865 juta sebelum pajak.
PT Gaya Motor bermitra dengan BMW Group Indonesia sejak 2011 dengan skema completely knock down (CKD).

Total kini ada tujuh model mobil (Seri 3, BMW Seri 5, BMW Seri 7, BMW X1, BMW X3, BMW X5, MINI Countryman) di bawah BMW Group Indonesia yang memanfaatkan pabrik perakitan PT Gaya Motor.

Wakil Presiden divisi Komunikasi BMW Group Indonesia Jodie O'tania membawa Countryman masuk ke jalur produksi lokal tidaklah mudah. Dibutuhkan menunjukkan sedikitnya selama tujuh tahun sejak pertama kali MINI mengaspal di dalam negeri sejak 2011 silam.

"Akhirnya setelah berbicara dengan pihak Jerman dan produksi dari Gaya Motor dan Tjahaya Sakti Motor, makanya kami bisa punya kemampuan untuk produksi lokal. Prosesnya cukup komprehensif," ungkapnya.

Soal kandungan lokal, dijelaskan Jodie masih terbilang kecil, seperti pada bagian kursi, kabel, material plastik.
Pencapaian Countryman di Semester I 2018

Dalam data penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada enam bulan pertama pada 2018, tidak satu unit pun model MINI Countryman terjual di Indonesia.

Pihak MINI Indonesia berharap dengan status rakitan lokal mampu meningkatkan daya beli konsumen terhadap mobil asal Inggris MINI Countryman. (mik)