XL Akui Jaringan Terimbas, Namun BTS Aman Pascagempa Lombok

RBC, CNN Indonesia | Senin, 06/08/2018 14:46 WIB
XL Akui Jaringan Terimbas, Namun BTS Aman Pascagempa Lombok XL Axiata menyebut jaringannya turut terimbas gempa Lombok. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Operator seluler XL Axiata menyebut hanya sebagian kecil dari jaringannya terkena imbas gempa bumi yang terjadi di Lombok, NTB pada Minggu (5/8) malam.

Corporate communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan kurang dari empat persen jaringannya di seluruh Lombok sempat terganggu akibat gempa semalam.

"Daerah Lombok Utara saja [yang terdampak]. Sangat kecil [persentasenya], kurang dari empat persen," kata perempuan yang kerap disapa Ayu melalui pesan teks, Senin (6/8).


Gempa bumi yang dirasakan sampai ke Bali disebut Ayu tak memberikan dampak pada layanan komunikasi XL. Selain tak ada gangguan layanan, Ayu menyebut tak ada base receiver station (BTS) rusak akibat gempa bumi.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya mengaku sempat ada beberapa BTS yang sempat padam setelah gempa terjadi karena terputusnya aliran listrik. Namun, BTS-BTS tersebut kembali beroperasi setelah dialiri listrik dari genset.

Saat ini, hampir seluruh jaringan XL Axiata di Lombok Utara dikalim sudah berangsur-angsur normal, dan tim dari XL Axiata masih terus melakukan pemulihan jaringan di daerah tersebut.

"Tim kami, termasuk di lapangan, saat ini sedang bekerja keras untuk memulihkan sebagian dari layanan kami yang tergangggu pasca gempa, terutama di Lombok Utara," tandas Yessie.

Sebelumnya pada Minggu (5/8) malam gempa berkekuatan 7.0 skala Richter mengguncang Lombok. Layanan operator seluler juga diketahui sempat terganggun pascagempa yang berpusat di bagian utara pulau Lombok tersebut.

[Gambas:Video CNN] (evn)