Sejarah Avanza, Adaptasi untuk Konsumen

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 09/08/2018 20:13 WIB
Sejarah Avanza, Adaptasi untuk Konsumen Toyota Avanza 2015. (Dok. Toyota.astra.co.id)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seiring perkembangan zaman, mobil terlaris di Indonesia, Avanza, terus menyesuaikan diri. Sepanjang 15 tahun berkarir di dalam negeri, Avanza terus berevolusi menjadi semakin modern.

Avanza pertama kali diperkenalkan pada akhir 2003. Inspirasi desainnya diambil dari Kijang Kapsul yang melegenda sebagai mobil masyarakat sebelum masa Avanza.

"Avanza itu sebetulnya lahir dari inspirasi yang penuh perjuangan, zaman krisis ekonomi, saat Indonesia sedang transisi. Avanza digemari karena mewarisi kelebihan Kijang, tapi harganya lebih murah," kata Public Relation Manager PT Toyota-Astra Motor Rouli Sijabat, Kamis (9/8)
Tiga tahun setelah diluncurkan, generasi pertama Avanza mendapat penyegaran minor change. Pengembangan yang dilakukan yaitu desain eksterior dan interior baru, mesin VVT-i, dan peningkatan kenyamanan berkendara.


Pada 2008, Toyota kembali melakukan penyegaran pada Avanza. Bagian eksterior dan interior menjadi fokus utama perubahan. Pada 2009, Toyota melengkapi Avanza dengan varian baru, yaitu 1.3G A/T. Pada 2010, varian baru lagi, 1.3E A/T ditambahkan.

Model terbaru yang dijelaskan Toyota sebagai generasi kedua Avanza meluncur pada 2011. Pada model ini Veloz muncul sebagai varian tertinggi.

Dua tahun setelah generasi kedua lahir, penyegaran datang. Avanza semakin lengkap pada sektor keselamatan, kenyamanan berkendara meningkat, dan interior punya karakter baru.
Pada 2015, model big minor change Avanza hadir dengan konsep "Grand New". Ada banyak perubahan yang sudah dilakukan, bukan cuma kosmetik tetapi juga teknis.

Hal baru pada eksterior, yaitu pada lampu depan dan belakang, gril, pelek, serta rear spoiler. Di kabin, panel instrument, kemudi, dan desain jok baru.

P
ada sektor keselamatan, Avanza sudah dilengkapi dengan side impact beam, isofix, immobilizer, sabuk pengaman depan dengan pretensioner dan force limiter, sabuk pengaman 3-titik pada untuk tujuh penumpang, serta kabin dirancang lebih senyap.

Di antara semua perubahan pada model minor change, perubahan paling signifikan ada pada sektor mesin. Dua pilihan mesin Avanza, 1.300 cc dan 1.500 cc dibekali teknologi baru Dual VVT-i yang meningkatkan kenikmatan berkendara.
(fea)