KIA Buka Suara soal Keanggotaan di Gaikindo

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Rabu, 29/08/2018 07:36 WIB
PT KIA Mobil Indonesia (KMI) buka suara perihal polemik keanggotaan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Kia Mobil Indonesia sedang melakukan konsolidasi internal. (REUTERS/Kim Hong-Ji)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT KIA Mobil Indonesia (KMI) buka suara perihal polemik keanggotaan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Menurut Kia, pihaknya akan kembali menjadi anggota Gaikindo.

"KIA Mobil Indonesia sedang melakukan konsolidasi internal yang komprehensif yang membutuhkan konsentrasi penuh management ke arah yang lebih baik termasuk evaluasi terhadap berbagai kebijakan yang menyangkut pihak luar perusahaan," kata Marketing Communication Manager PT KMI Ridjal Mulyadi Selasa (28/8).


Walaupun demikian, dia menuturkan, pihaknya masih memiliki hubungan baik dengan Gaikindo dan menyadari peranan asosiasi itu terhadap industri otomotif. KIA juga tidak menutup kemungkinan kembali aktif sebagai anggota secepatnya setelah proses konsolidasi internal.


Keterangan tersebut merupakan respons terkait pemberitaan 'Bukan Mengundurkan Diri, Kia 'Dipecat' Gaikindo'.

Pembenahan Internal

Presiden Direktur KMI Iki Wibowo menjelaskan pembenahan internal sudah dilakukan selama sejak tahun lalu. Dia mengatakan isi pembenahan salah satunya mengatur strategi agar KMI lebih siap bertarung menghadapi situasi otomotif dalam negeri.

"Ya karena produk kami masih impor juga, makanya kami bakal atur strategi dan itu bisa dari mengembangkan line up," kata Iki.


Target pembenahan selesai dalam tempo tiga atau empat bulan ke depan. Menurut Iki, dalam waktu lima bulan ke depan, KMI akan mengajukan diri sebagai anggota Gaikindo.

"Ya kami akan gabung lagi," kata Iki. (asa)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK