LAPORAN DARI SINGAPURA

Semangat Toyota Ganti 'Busana'

CNN Indonesia | Jumat, 14/09/2018 13:44 WIB
Semangat Toyota Ganti 'Busana' Toyota concept i-Ride. (Dok. Toyota)
Singapura, CNN Indonesia -- 'Start Your Impossible' (SYI) telah diumumkan oleh Toyota untuk kawasan Asia Pasific. Kampanye global ini untuk mempromosikan produk-produk berteknologi untuk masa depan sekaligus komitmen Toyota di Olimpiade dan Paralimpiade 2020.

"Start Your Impossible merupakan spirit untuk menghadirkan "Mobility for All", di mana Toyota berkomitmen menciptakan kendaraan yang dapat memberikan nilai lebih kepada masyarakat, untuk menuju mobilitas di masa depan," kata Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto kepada media di sela-sela pengumuman SYI untuk kawasan Asia Pasific di Infinite Studio, Singapura pada Kamis (13/9) sore.

Dijelaskan Soerjopranoto, Toyota telah melihat perkembangan drastis pada industri otomotif dalam 10-15 tahun terakhir. Teknologi otomotif berevolusi dengan sangat cepat, jauh lebih cepat daripada yang diperkirakan banyak orang.



Bagi Toyota, saat ini pesaing sesungguhnya bukan lagi mereka yang menciptakan kendaraan, namun mereka yang membuat teknologi, mulai mobil otomatis, penggerak alternatif, layanan mobilitas, robot, adalah area baru dalam persaingan yang tengah berlangsung di dunia industri otomotif.

Kondisi ini memaksa Toyota mengubah pola pikir untuk menjaga posisinya di dunia otomotif.

"Untuk mendapatkan ini jelas bagi saya mendobrak konsep konvensional dan menciptakan mobilitas baru yang melampaui batas dan menyelesaikan masalah-masalah," kata Toyota CEO Akio Toyoda saat kali pertama memperkenalkan kampanye global "Start Your Impossible" pada tahun lalu di Jepang.


Toyoda memikirkan bagaimana sebuah kendaraan bisa membuat penggunanya merasa senang dan tidak terbebani. Untuk mencapai ke tahap itu, sebuah perusahaan harus mengubah definisinya demi banyak orang.

"Saya percaya bahwa kesenangan bisa diwujudkan dengan mobil. Ini semua melampaui tantangan-tantangan dan membuat mimpi menjadi kenyataan," jelas Toyoda.

Salah satu inovasi nyata adalah concept i-Ride yang diklaim ramah bagi penyandang disabilitas. Selain itu beberapa mobil Toyota dengan fasilitas kursi khusus penyandang disabilitas. Dari kerangka berpikir SYI itu diyakini akan mudah menciptakan sebuah kendaraan masa depan yang dapat memberikan nilai lebih kepada penggunanya.

SYI adalah perjalanan sejarah panjang Toyota dalam memimpikan dan melahirkan berbagai ide dan inovasi untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik, yang awalnya sekadar dari perusahaan mesin tenun.