Volkswagen Beetle Pensiun Tahun Depan

TIM, CNN Indonesia | Senin, 17/09/2018 11:54 WIB
Volkswagen Beetle Pensiun Tahun Depan Volkswagen Beetle atau dikenal dengan VW Kodok. (Foto: AFP PHOTO / OMAR TORRES)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah dirumorkan selama beberapa bulan terakhir, Volkswagen akhirnya mengakui bakal memensiunkan model ikonik Beetle. Desain pamungkas berlabel "Final Edition" bakal meluncur pada tahun depan.

"Kehilangan Beetle setelah tiga generasi, selama mendekati tujuh dekade, akan membangkitkan emosi dari semua penggemar setia Beetle," ujar CEO Volkswagen America Hinrich Woebcken, dalam pernyataan resminya disitat CNN.com.

Produksi terakhir Beetle akan dilakukan di pabrik di Puebla, Mexico, pada Juli 2019. Woebcken tidak bisa memastikan Bettle punya model penerus.



Sebelumnya, kabar Beetle menjelang pensiun datang dari informasi dokumen Vehicle Identification Number (VIN) yang menunjukan Beetle akan memiliki empat varian, yakni S, SE, Final Edition SE, dan Final Edition SEL. Emblem "Final Edition" itu menyulut spesifikasi bahwa Volkswagen menyerah pada Beetle.

Penggunaan emblem Final Edition ini bukan yang pertama diterapkan pada Beetle. Pada 2010 lalu, Volkswagen sempat menggunakannya untuk menandai akhir New Beetle yang sudah diproduksi sejak 1998. Setelah New Beetle selesai, model Beetle yang VW dipasarkan hingga saat ini muncul.


Volkswagen Beetle atau yang dikenal "VW Kodok" di Indonesia memulai perjalanannya sejak 1930 di tangan penciptanya Ferdinand Porsche. Beetle merupakan interpretasi Ferdinand setelah mendapat perintah dari Adolf Hitler merancang "mobil masyarakat" Jerman.

Produksi massal Beetle dimulai setelah Perang Dunia II. Model generasi pertama yang berakhir pada 2003 telah terjual lebih dari 21 juta unit di seluruh dunia. 

Generasi kedua Beetle datang pada 1998 dan generasi ketiga muncul pada 2012.

[Gambas:Video CNN]
(fea)