7 Fitur Baru iOS 12 untuk iPhone dan iPad

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 18/09/2018 13:08 WIB
7 Fitur Baru iOS 12 untuk iPhone dan iPad Ilustrasi iPhone. (Foto: REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pembaharuan sistem operasi Apple iOS 12 sudah tersedia bagi pengguna iPhone dan iPad seluruh dunia. Pembaharuan sistem operasi yang diumumkan pada gelaran World Wide Developer Conference 2018 ini akan membuat beberapa pembaharuan bagi pengguna ponsel Apple.

Dilansir dari Express, selain meningkatkan performa, iOS 12 juga membawa fitur-fitur baru dengan pembaharuan dalam Messages, Photos, Notification, Siri, Screen Time dan Face Time.

Berikut rincian pembaharuan sistem operasi iOS 12:
1. Performa Ponsel Meningkat
Pembaharuan sistem operasi ini diklaim mampu meningkatkan performa ponsel hingga 40 persen lebih cepat dan pengguna bisa mengambil foto hingga 70 persen lebih cepat daripada iOS 11.


Perangkat iPhone tertua yang kompatibel dengan iOS 12 adalah iPhone 5S. Sedangkan perangkat iPad tertua yang kompatibel dengan iOS 12 adalah iPad mini 2

Pembaharuan meningkatkan kecepatan ponsel ketika meluncurkan aplikasi. Apple mengklaim aplikasi bisa diluncurkan dua kali lebih cepat.

2. Screen Time Alerts
Apple membawa fitur Screen Time, yakni aplikasi yang akan membuat laporan aktivitas harian atau mingguan kepada iPhone atau iPad.

Laporan ini menunjukkan total waktu yang dihabiskan dalam satu aplikasi, penggunaan kategori aplikasi, notifikasi yang masuk, dan seberapa sering perangkat dibawa.

Pengguna bisa mengatur limit untuk membatasi penggunaan perangkat agar tidak terlalu lama digunakan. Dalam fitur ini juga memungkinkan orang tua untuk mengontrol lamanya waktu yang dihabiskan anak di perangkat Apple.
3. Group Facetime
Group Facetime memungkinkan 32 orang untung bergabung untuk melakukan video call. Yang patut disoroti adalah ketika seseorang dalam video call mulai berbicara, foto orang tersebut akan semakin besar di layar pengguna.

Peserta Group Facetime dapat ditambahkan kapan saja, bisa di tengah-tengah saat video call masih berlangsung. Peserta Group Facetime bisa menggunakan iPhone, iPad, maupun iMac. Peserta juga bisa menampilkan suara saja dalam Facetime melalui Apple Watch.

4. Siri
Kecerdasan Buatan (AI) Siri bisa menyarankan tindakan-tindakan yang tepat, misalnya untuk memesan kopi pada pagi hari atau untuk memulai olahraga pada sore hari.

Pengguna bisa melakukan penyesuaian Siri Shortcut dengan membuat voice command sederhana untuk memerintahkan Siri. Atau menggunakan ketukan sederhana di layar perangkat untuk memerintahkan Siri melakukan serangkaian tindakan dari berbagai aplikasi.
5. Peningkatan Keamanan
iOS 12 juga menawarkan keamanan yang lebih kuat. Tahun lalu iOS 11 memperkenalkan machine learning Intelligent Tracking Prevention di Safari.

Intelligent Tracking Prevention yang bisa mengidentifikasi pengiklan atau seseorang yang melacak web browsing dan menghapus sistem pelacakan yang mereka gunakan.

Intelligent Tracking Prevention mengalami peningkatan. iOS 12 bisa memblokir tombol atau widget seseorang agar tidak mampu melacak pengguna di situs web.
Tombol Like, Share, atau Comment sering disematkan seseorang di media sosial, padahal tombol itu bisa digunakan untuk melacak web browsing pengguna.

6. Messages & Memoji
Apple tahun lalu meluncurkan Animoji bersamaan dengan peluncuran iPhone X. Kali ini Apple menambahkan barisan animasi emoji dengan memoji. Memoji dapat digunakan oleh pengguna untuk membuat emoji yang serupa dengan dirinya atau orang lain. Memoji ini bisa dikirim melalui aplikasi Messages .
Selain Memoji, Apple juga menambahkan empat Animoji baru, yaitu ghost, koala, toger, dan Trex. Apple juga menyematkan fitur agar emoji bisa mengedip dan menjulurkan lidah agar bisa menangkap lebih banyak ekspresi.

Kamera dalam Messages kini dapat dengan cepat membuat video atau foto dengan filter artistik, teks animasi, musik, emoji, atau stiker.

7. Do Not Disturb
Apple meningkatkan fitur Do Not Disturb yang mampu menghentikan pesan apapun selama waktu tertentu. Pengaturan dapat digunakan untuk memblokir semua pemberitahuan di malam hari atau waktu yang ditetapkan pengguna. (jnp/age)