Hutchison Tri Akui Sempat Ada Layanan RBT 'Jokowi Saja'

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 19/09/2018 19:58 WIB
Hutchison Tri Akui Sempat Ada Layanan RBT 'Jokowi Saja' Presiden Joko Widodo. (Foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hutchison Tri Indonesa (Tri) mengakui jika pihaknya sempat menerbitkan layanan nada dering berjudul "Jangan Pernah Berubah" kepada pelanggannya. Penggalan lagu berjudul "Jangan Pernah Berubah" dan "Jokowi Saja" adalah dua lagu yang sama.

DGM corporate communication Tri, Arum K. Prasodjo mengakui kemunculan konten nada dering (ring back tone/ RBT) setelah ada mitra yang mengajukan lagu tersebut.

"Mitra  kami mengajukan sebagai lagu RBT dengan judul" Jangan Pernah Berubah" dan melakukan promosi atas lagu tersebut sesuai license yg dimiliki," kata Arum saat ditemui di Kantor Kemkominfo, Jakarta Pusat, Rabu (19/9).


Arum mengatakan kemitraan business to business (B2B) memang bisa dilakukan sesuai dengan yang diatur dalam Peraturan Menteri Kominfo No 9 Tahun 2017 yang mengatur ikhwal penyenggaraan jasa penyediaan konten operator seluler.

"RBT "Jokowi saja" memang memungkinkan untuk ada karena penyedia konten mempunyai lisensi dari kemitraan kami sebelumnya, sepanjang konten RBT tersebut tidak bertentangan dengan ketentuan PM No 9/2017, " ungkapnya.

Arum mengatakan keberadaan layanaan RBT ini tidak menunjukkan pihaknya terjun ke dunia politik. Ia menegaskan RBT sudah diturunkan dari hari Selasa lalu (18/9).

"Keberadaan RBT ini bukan merefleksikan kami (Hutchison Tri) berpolitik, kami terbuka bermitra dengan pihak manapun sepanjang sesuai regulasi dan ketentuan yang berlaku.RBT tersebut sudah tidak tersedia di kami karena masa kampanye belum berlaku," kata Arum.

Baru-baru ini beredar informasi ring back tone atau nada dering (RBT) berjudul "Jokowi Saja" di media sosial yang bisa diakses oleh pelanggan seluler. Terdapat foto Presiden Jokowi dan tulisan "Jokowi Saja" dalam gambar promosi RBT tersebut.

Berdasarkan iklan yang beredar, lagu ini merupakan ciptaan Papa T. Bob dan dinyanyikan oleh Papa T. Bob feat Rega Rege Ririe.

Berdasarkan hasil penelusuran CNNIndonesia.com di situs YouTube, lagu berjudul "Jokowi saja" seakan menjadi upaya kampanye lewat liriknya "Jokowi saja.. Jokowi saja.. Jangan Pernah Berubah". Sebelumnya, dugaan kampanye serupa juga sempat ramai setelah muncul iklan yang menampilkan Jokowi di layar bioskop.

(jnp/evn)