Lepas Saham, Aston Martin Ingin Saingi Ferrari

Tim CNNIndonesia, CNN Indonesia | Jumat, 21/09/2018 15:27 WIB
Lepas Saham, Aston Martin Ingin Saingi Ferrari Mobil penumpang masa depan buatan Aston Martin. (REUTERS/Denis Balibouse)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aston Martin akhirnya mengumumkan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) di Bursa Saham London pada hari Kamis (20/9).

Perusahaan dengan total valuasi hingga 5,1 miliar pound sterling atau sebesar Rp99,7 triliun ini akan melepas 25 persen atau 57 juta lembar saham dari modal yang tertanam. Aston menawarkan sahamnya di kisaran Rp343.108 hingga Rp441.138 per lembar.

Aston Martin mengatakan bahwa harga final akan diumumkan pada 3 Oktober, dan mulai diperdagangkan di London pada 8 Oktober. Aston Martin mengklaim satu-satunya manufaktur otomotif Inggris yang melantai di Bursa Efek London.


"Dengan menjadi satu-satunya perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek London, Aston Martin Lagonda akan memberi investor kesempatan yang tepat untuk berpartisipasi dalam kesuksesan masa depan perusahaan," kata CEO Aston Martin Andy Palmer dalam sebuah pernyataan Mengutip AFP, Jumat (21/9).

Aston Martin di bawah kendali Investindustrial Advisors Ltd yang berlokasi di London dan Kuwaiti Investment Dar.

Untuk diketahui, sinyal Aston Martin 'meraung' di lantai bursa sudah terlihat pada akhir bulan lalu yang saat itu pihak perusahaan mengajukan dokumen pendaftaran kepada otoritas keuangan Inggris.

Jatuh Bangun Aston Martin

Tahun lalu, Aston Martin akhirnya meraup laba pertamanya sejak tahun 2010. Sementara laporan keuangan semester I 2018, Aston telah membukukan laba sebelum pajak sebesar 42 juta pound sterling atau setara dengan Rp792 miliar.

Mengecap manisnya laba perusahaan harus melewati masa-masa sulit terlebih dahulu. Sebelumnya, perusahan sempat memiliki masalah keuangan dan menyatakan bangkrut beberapa kali.

Namun Aston Martin berusaha bangkit dan sanggup meningkatkan produksi, memperluas ke segmen SUV dan masuk China yang memiliki volume penjualan otomotif terbesar di dunia.

Aston Martin lahir dari sebuah bengkel kecil di London pada tahun 1931 oleh Robert Bamford dan Lionel Martin, telah berubah menjadi perusahaan otomotif terkemuka. (mik)