Facebook Komentari Proyek Palapa Ring Kominfo

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 28/09/2018 07:24 WIB
Facebook Indonesia menilai penetrasi jaringan di Indonesia timur bisa membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui program Palapa Ring. Ilustrasi. (Foto: REUTERS/Regis Duvignau)
Jakarta, CNN Indonesia -- Facebook Indonesia menilai penetrasi jaringan internet di Indonesia melalui program Palapa Ring bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat meningkat. Pasalnya Country director Facebook Indonesia Sri Widowati  internet membuka banyak kesempatan bagi masyarakat.

"Palapa ring akan penting karena setiap penetrasi internet naik  sebetulnya tingkat hidup area tersebut naik karena mereka punya akses internet  untuk informasi, terhadap pengetahuan dan banyak hal," tutur Sri di Hotel Four Season, Jakarta Selatan, Kamis (27/9).

Oleh karena itu Sri mengatakan pihaknya mengapresiasi inisiatif pemerintah untuk membangun tulang punggung jaringan komunikasi. Ia menilai Palapa Ring sangat penting untuk pemerataan jaringan internet di Indonesia.


Dengan adanya pemerataan jaringan komunikasi di Indonesia khususnya di daerah timur, Sri mengatakan Palapa Ring akan membuka akses internet kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi di dunia.  Dari segi bisnis, masyarakat di Indonesia bagian timur juga bisa memulai untuk membuka usaha daring. 

"Palapa ring itu untuk membuka akses. Negara Indonesia sangat besar kita negara kepulauan 60 persen negara adalah air. Kami dari Facebook sangat suportif dan kami tahu ini bisa membuka kesempatan besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata Sri.

Sri menilai Palapa Ring merupakan investasi yang bagus bagi Indonesia. Palapa Ring dianggap bisa menjawab pemerataan komunikasi di Indonesia yang merupakan negara kepulauan. 

Sebelumnya Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menargetkan Palapa Ring di Indonesia bagian timur diharapkan selesai pada bulan Desember. Sementara itu kabel fiber optik di daerah Indonesia bagian barat sudah mulai beroperasi sejak bulan Maret lalu.

Rudiantara mengaku masih ada ketidakadilan dalam distribusi jaringan internet di Indonesia khususnya untuk Indonesia bagian timur. Penyedia layanan internet (ISP) enggan untuk berinvestasi membangun jaringan di daerah pelosok karena dari segi bisnis tidak menguntungkan.

Oleh karena itu pemerintah membangun jaringan tulang punggung komunikasi yang nantinya bisa disewa oleh para ISP. Dengan adanya Palapa Ring, ISP tidak perlu lagi membangun jaringan dari awal. Dengan kehadiran ISP, jaringan internet akan merata dari soal tarif berlangganan hingga kecepatan internet. (jnp/evn)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK