Teka-teki Terjawab, Mitsubishi Suplai Xpander ke Nissan 2019

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 03/10/2018 19:46 WIB
Teka-teki Terjawab, Mitsubishi Suplai Xpander ke Nissan 2019 Mitsubishi Xpander (Foto: Dok. Mitsubishi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Teka-teki MPV Nissan berbasis sama dengan Xpander akhirnya terjawab.

Chief Executive Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko mengatakan bahwa Mitsubishi bakal menyuplai Xpander buat Nissan pada 2019.

Ini menandakan bahwa proyek kolaborasi Mitsubishi dan Nissan di Indonesia yang melibatkan Xpander bukan lagi rumor.
"Kami akan memulai suplai Xpander pada awal tahun depan, namun kami belum bisa mengonfirmasi volumenya," ujar Masuko di hadapan wartawan di Jakarta, Rabu (3/10).


Menurut Masuko, Xpander untuk Nissan mengenakan desain yang berbeda. Tersirat dia menjelaskan 'Nissan Xpander' bukan sekadar model rebadge Mitsubishi Xpander.

Masuko juga mengingatkan, kendati masing-masing model diproduksi Mitsubishi di Indonesia, keduanya bakal berkompetisi di pasar low MPV.

Suplai Xpander dari Mitsubishi ke Nissan bakal diikuti strategi peningkatan kandungan lokal produk. Pada 2020, Mitsubishi menyatakan mesin 1.500 cc Xpander bakal diproduksi pabrik Nissan Motor Indonesia.

Osamu menjelaskan Mitsubishi membeli mesin itu dari pihak Nissan. Informasi detail terkait investasi produksi mesin masih menunggu pernyataan resmi pihak Nissan.

Saat mesin diproduksi Nissan, kandungan lokal Xpander dikatakan meningkat sampai 80 persen. Saat ini tingkat lokalisasi Xpander sebesar 71 persen. Mesin itu memiliki kode 4A91, atau pengembangan dari mesin berkode 4A9. (fea/mik)