Facebook & Apple Ikut Rogoh Rp15 M Sumbang Korban Gempa Palu

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 04/10/2018 17:48 WIB
Facebook & Apple Ikut Rogoh Rp15 M Sumbang Korban Gempa Palu Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) lalu menuai simpati dari berbagai pihak. Tak terkecuali sejumlah petinggi raksasa teknologi dunia seperti Facebook dan Apple yang menyampaikan duka atas tragedi tersebut.

CEO Apple Tim Cook dan CEO Facebook turut menyampaikan duka mendalam atas bencana dan kehilangan yang dihadapi oleh para korban.

Lewat cuitannya, bos Apple menyatakan duka mendalam atas bencana yang dialami masyarakat Sulawesi. Cook juga mengungkapkan bahwa Apple memberikan bantuan untuk korban bencana.


"Apple mendonasikan US$1 juta untuk membantu korban karena negara indah ini tengah dalam upaya untuk membangun kembali," tulis Cook lewat akun Twitter pribadinya.


CEO Facebook Mark Zuckerberg dan COO Sheryl Sandberg juga menyatakan duka mendalam atas musibah yang terjadi di Sulawesi Tengah. Lewat unggahan di akun pribadi, Zuck dan Sheryl juga mengungkapkan bahwa Facebook merogoh bantuan sebesar US$1 juta (sekitar Rp15 miliar) untuk membantu korban gempa dan tsunami melalui Palang merah Indonesia (PMI).


Selain memberikan bantuan dana, Facebook juga memberikan pembaruan terkait fitur Penanggulangan Krisis yang dipakai oleh korban gempa. Grup Facebook Info Kota Palu tercatat digunakan oleh warga Palu dan Donggala untuk mendapatkan informasi detail mengenai bantuan hingga lokasi korban.

Lebih dari 1.300 korban gempa dan tsunami juga diketahui meminta bantuan lewat 'community help' pada laman Facebook. Informasi mengenai makanan, tempat pengungsian, dan ketersediaan air bersih menjadi topik yang paling banyak ditanyakan pengungsi pascagempa dan tsunami.

Sebelumnya, rakasasa teknologi Google juga lebih dulu mengumumkan bantuan sebesar US$1 juta untuk korban gempa Palu. CEO Sundar Pichai lewat cuitannya juga menyampaikan duka mendalam atas musibah yang gempa dan tsunami yang menimpa masyarakat Sulawesi Tengah.
(evn)