BTS Telkomsel Pulih 80 Persen Pascagempa dan Tsunami Palu

Tim, CNN Indonesia | Senin, 08/10/2018 17:03 WIB
BTS Telkomsel Pulih 80 Persen Pascagempa dan Tsunami Palu Telkomsel memastikan 80 persen site BTS di Palu sudah kembali beroperasi. (Foto: CNN Indonesia/ Susetyo Dwi Prihadi)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah melakukan pemulihan 80 persen dari site layanan seluler Telkomsel pascagempa dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah.

Sementara itu, jaringan backbone Telkom rute Palu - Donggala - Makassar dan rute Palu - Parigi - Manado sudah pulih 100 persen beberapa hari yang lalu.

"Kami telah berhasil memulihkan jaringan backbone dari dan menuju Palu serta 80% site layanan seluler Telkomsel," ujar Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo dalam keterangan resminya, Senin (8/10).


Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan jaringan telekomunikasi pascagempa terus mengalami pemulihan seiring dengan jaringan listrik yang masuk ke area bencana.

Rudiantara melaporkan setidaknya ada 3.500 BTS di seluruh Sulawesi Tengah.

"Saat gempa hanya beroperasi sekitar 9 persen dari total BTS," ungkapnya.

Rudiantara mengatakan pascagempa 90 persen BTS mati akibat tidak ada pasokan listrik. Sementara itu ada 10 persen yang tidak aktif karena rusak akibat gempa.

"10 persen BTS perlu recover yang lama, mungkin butuh dibangun ulang. BTS itu roboh atau miring lokasinya," kata Rudiantara.

Arif menjelaskan 10 persen BTS yang dimaksud Rudiantara mengalami kerusakan parah. "Yang mengalami kerusakan parah hanya 12 BTS dari 85 persen yang sudah kembali pulih," imbuhnya. (age/age)