Rudiantara akan Kembali Bertemu Bos Alibaba Jack Ma

Tim, CNN Indonesia | Senin, 08/10/2018 13:24 WIB
Rudiantara akan Kembali Bertemu Bos Alibaba Jack Ma Jack Ma. (Foto: China Daily via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara akan kembali menggelar pertemuan dengan pendiri Alibaba Group Jack Ma. Pertemuan tersebut akan digelar pada Sabtu, 13 Oktober 2018.

"Saya rencana ketemu Jack Ma tanggal 13 Oktober," ujarnya, kepada CNNIndonesia.com, Senin (8/10).

Namun, belum diketahui lebih lanjut pertemuan Rudiantara dan Jack Ma akan membahas apa. Jika merujuk pada pertemuan keduanya pada bulan lalu, pemerintah sedang menawarkan Jack ma untuk membangun institut.
Institut ini diharapkan dapat mampu mencetak sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni untuk mengoperasikan ekonomi digital di Indonesia.


Jack Ma sendiri hadir kembali ke Indonesia untuk menghadiri Forum Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Bali. Jack Ma akan menjadi salah satu pembicara dalam forum dunia tersebut.

Kabarnya Ma akan membawakan materi ekonomi digital. Selain itu, Ma dikabarkan akan mengikuti rapat bilateral dengan beberapa pihak yang hadir dalam IMF-WB.
Saat ini pemerintah sedang fokus pada poin-poin peta jalan e-commerce lain seperti perpajakan, logistik, pendidikan konsumen, keamanan jaringan, dan infrastruktur teknologi. Dengan berbagai kebijakan ini, Rudiantara berharap Indonesia sudah memiliki lima platform e-commerce yang mencapai predikat Unicorn, atau memiliki valuasi di atas US$1 miliar.

"Tapi tetap SDM yang menjadi fokus utama kami ke depan," pungkas dia.

Berdasarkan data Asosiasi e-Commerce Indonesia, nilai transaksi belanja daring tahun 2016 tercatat Rp75,76 triliun dan melibatkan 24,74 juta transaksi. Angka ini berpotensi melejit ke angka Rp1.700 triliun di tahun 2020 mendatang. (age/age)