Facebook Uji Coba Fitur 'Unsend' Pesan

Tim, CNN Indonesia | Senin, 15/10/2018 19:56 WIB
Facebook Uji Coba Fitur 'Unsend' Pesan Ilustrasi. (Foto: REUTERS/Dado Ruvic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Facebook saat ini sedang mengembangkan fitur 'unsend' yang menghapus pesan di kotak masuk pengirim maupun penerima. Fitur ini dibocorkan oleh tech tipster Jane Manchun Wong yang screenshot fitur 'unsend' tersebut.

Dilansir dari The Verge ketika mengedit pesan yang terkirim dalam pembicaraan, pilihan 'unsend message' akan muncul bersama dengan 'delete message'.






Delete message adalah fitur di mana pengguna bisa menghapus pesan di inbox, tapi pesan masih ada di inbox penerima. Dengan adanya fitur 'unsend', pengguna bisa menghapus pesan di inbox anda maupun di inbox penerima.
Kendati demikian, fitur prototipe ini memiliki batasan waktu tertentu. Artinya, pengguna hanya memiliki beberapa waktu setelah mengirimkan pesan untuk 'unsend'.

"Facebook melakukan tes produk dan fitur secara internal sebelum diluncurkan ke publik sehingga kami bisa memastikan kualitas fitur dan pengalaman pengguna," tutur juru bicara Facebook kepada The Verge.

Dilansir dari Tech Crunch, fitur ini sangat berguna bagi pengguna Facebook yang menuliskan sesuatu yang tidak pantas, mengungkap rahasia yang masih rancu, atau ingin menghapus bukti kelakuan buruk. Fitur ini dipastikan bisa membawa kenyamanan bagi pengguna karena mereka tahu bisa bebas dapat menarik kembali pesan mereka.
Sebelumnya pada awal tahun ini Facebook mengungkap bahwa telah menghapus beberapa pesan lama yang dikirim CEO Mark Zuckerberg lewat Messenger. Kebijakan ini mendapat protes karena pengguna Facebook tidak bisa menghapus pesan di kotak masuk penerima pesan, hanya bisa menghapus di kotak masuk pengirim pesan.

Kemudian pada bulan April, Facebook berencana untuk menerapkan fitur 'unsend'. Akan tetapi tidak dijelaskan lebih lanjut kapan fitur ini akan diluncurkan. (jnp/age)