Alasan Honda Bikin Brio Jadi Melar 6 cm

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 18/10/2018 14:35 WIB
Alasan Honda Bikin Brio Jadi Melar 6 cm Honda Brio di Bali. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Generasi kedua Brio punya ukuran lebih panjang dari sebelumnya. Honda sengaja membuat Brio jadi melar untuk menyiasati permintaan pasar.

Ketimbang generasi pertama yang pertama diperkenalkan pada 2013, Brio terbaru tampak lebih besar. Perubahan itu paling mendasar didapat dari penambahan jarak antar sumbu roda sepanjang 60mm.

Perubahan jarak sumbu roda mempengaruhi dimensi. Brio kini punya panjang 3.815mm, lebar 1.680mm, dan tinggi 1.485 mm.


Selain jarak sumbu roda bertambah, Honda juga memperluas ruang bagasi menjadi lebih panjang 90mm. Kapasitas ruang bagasi kini lebih besar 84 liter.

Alasan Honda Bikin Brio Jadi Melar 6 cmPenampakan bagasi Brio generasi kedua. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

"(Permintaan konsumen) hanya ruangan yang lebih luas, karena apa sisanya sudah oke kok," kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy di Bali, Rabu (17/10).

Ia mengatakan selama lima tahun Brio mengaspal, belum ada konsumen yang meminta hal selain penambahan ukuran. Jika pun ada, kata Jonfis, jumlahnya sedikit.

"Brio penjualan tidak hanya di kota besar, bukan kaya HR-V yang bisa 50 persen berasal dari Jakarta penjualannya. Nah Brio ini sekitar 35 persen pembeli dari Jakarta dan sisanya di luar daerah. Dan untuk luar daerah lima tahun belakangan ini ya mereka cocok saja," ucapnya.

Orang Indonesia Tidak Suka yang Kecil

Menurut Jonfis konsumen Brio membutuhkan posisi baris kedua lebih lapang agar penumpang dapat duduk lebih nyaman. Selain itu sebagian juga ada yang meminta volume bagasi menjadi lebih luas.

"Nah makanya di RnD (research and development) dibicarakan, jadi pas survei itu yang keluar. Biar ini mobil kecil, orang Indonesia tidak suka yang kecil-kecil," ucap Jonfis.

Sejak pertama diluncurkan sampai sekarang sudah 216.786 unit Brio terjual di Indonesia. Honda menyebut pengembangan Brio kali ini terfokus untuk meningkatkan semua aspek yang ada pada generasi sebelumnya.

Walau hampir keseluruhan mobil ini telah berubah, untuk urusan dapur pacu masih sama, yaitu mesin bensin 1.200 cc i-VTEC empat silinder dengan daya 88,7 tenaga kuda pada rpm 6.000 dan torsi 110 Nm pada rpm 4.800.

Honda menyediakan pilihan transmisi manual lima percepatan dan CVT untuk dua varian Brio, yakni Low Cost Green Car (LCGC) Satya dan city car RS. (ryh/fea)


BACA JUGA