8 Alasan iPhone Xr Dibanderol Lebih Murah Dibandingkan Xs

Tim, CNN Indonesia | Senin, 22/10/2018 12:18 WIB
Ilustrasi. (Apple)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ponsel anyar besutan Apple, iPhone XR mulai tersedia pada 26 Oktober mendatang. Para analis memperkirakan penjualan seri ini akan mendongkrak penjualan iPhone.

Pasalnya, dari tiga seri ponsel yang baru diluncurkan, iPhone XR dibanderol paling 'murah'. XR dibanderol dengan harga mulai dari kisaran Rp 11 untuk memori 64 GB, Rp 12 juta untuk memori 128 GB dan Rp 13 juta untuk memori 256 GB.

Sementara itu, iPhone XS dibanderol mulai Rp14,3 juta dan XS Max dibanderol mulai Rp15,8 juta.
Dilansir dari Business Insider, berikut beberapa fitur dan faktor yang menyebabkan XR dibanderol dengan harga yang lebih murah.


1. Ukuran Layar

Dari segi layar, XR hanya memiliki satu ukuran varian layar, yakni 6,1 inci. Sementara itu, XS memiliki layar 5,8 inci, namun XS Max memiliki ukuran layar 6,5 inci. Perbedaan harga XS dan XR terkait layar ini sekitar Rp1 juta.

2. Tampilan Layar

Tampilan layar ponsel menjadi bagian penting untuk memanjakan mata pengguna. iPhone XS mengusung layar Super Retina OLED, sementara XR baru mengusung layar Liquid Crystal LCD.

Layar OLED secara umum lebih terang, lebih menampilkan warna dan memiliki rasio kontras yang lebih jauh daripada LCD. LCD memiliki 1.400:1 rasio kontras, jauh apabila dibandingkan dengan OLED yang memiliki kontras rasio 1.000.000:1.
Mengingat layar OLED bisa mematikan pikselnya, alih-alih meredupkannya seperti LCD, warna hitam benar-benar terlihat seperti warna hitam, dan gambar terlihat jauh lebih hidup. XR memang mengusung salah satu teknologi LCD terbaik di ponsel. Namun, jika kalau dibandingkan dengan teknologi OLED yang dibenamkan pada XS memang jauh kalah canggih.

HDR di layar OLED adalah teknologi OLED yang membuat foto dan video terlihat dengan definisi tinggi. Bezel XR juga terlihat masih lebih tebal daripada XS.

3. Warna Gold dan Silver tidak tersedia di iPhone XR.

Ponsel XR tersedia dalam lima varian warna (putih, biru, kuning, hitam, dan coral). XS sendiri tersedia warna hitam, silver (hampir mirip dengan putih), dan warna emas yang menjadi pilihan eksklusif.
4. iPhone XR lebih berat daripada XS

XR memiliki berat 194 gram, sedangkan XS memiliki berat 177 gram. Perbedaannya memang tidak besar, namun ketika pengguna secara reguler, maka perbedaan berat itu akan terasa. Akan tetapi XS Max ternyata lebih berat daripada XR, yakni 208 gram.


(jnp/age)

1 dari 2