Grab Ungkap Kecurangan Mitra Pengemudi sejak 2017

CNN Indonesia | Senin, 29/10/2018 16:12 WIB
Grab Ungkap Kecurangan Mitra Pengemudi sejak 2017 Grab Indonesia memutuskan hubungan dengan ribuan mitra pengemudi. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grab Indonesia memutuskan hubungan dengan ribuan mitra pengemudi. Langkah tersebut karena mitra pengemudi melakukan pelanggaran yang fatal sejak 2017.

"Menanggapi tuntutan sekelompok mitra pengemudi terhadap open suspend kami tegaskan bahwa manajemen Grab tidak akan mentoleransi serta melakukan peninjauan ulang terhadap keputusan pemutusan hubungan kemitraan (blacklist) yang telah diberlakukan kepada mitra pengemudi yang terbukti melakukan tindakan kriminal dan melanggar kode etik Grab," kata Grab dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (29/10).

Menurut Grab, keputusan ini diambil ambil sebagai bentuk keberpihakan Grab terhadap seluruh pelanggan setia serta ribuan mitra pengemudi Grab yang bekerja secara jujur yang dirugikan karena tindak kecurangan yang dilakukan oleh sekelompok mitra pengemudi.


"Teknologi kami memungkinkan para pengemudi untuk mendapatkan penghasilan yang baik, dengan lebih efisien tanpa harus menggunakan cara-cara curang," sebut Grab.

Pada unjuk rasa pengemudi Grab hari ini (29/10), mereka meminta perjanjian kemitraan yang adil di antaranya Grab harus menghapus memutuskan hubungan dengan mitra secara sepihak.

Menurut pihak Grab Indonesia bahwa mitra pengemudi yang saat ini menuntut 'open suspend' tanpa syarat tersebut sebagian besar telah mendapatkan amnesti (penghapusan hukuman) atas tindak kecurangan serupa sebanyak 2 kali sejak 2017. Namun, sangat disayangkan kesempatan tersebut kembali disia-siakan oleh mereka dengan melakukan kembali tindak kecurangan serupa.

"Penumpang memilih Grab berkat kepercayaan mereka akan kemampuan kami menghantarkan layanan transportasi yang aman dan nyaman. Pengemudi bermitra dengan Grab karena mereka percaya bahwa kepentingan mereka selalu berada di benak kami," jelas Grab Indonesia.

Selama ini Grab menjaga keselamatan dan keamanan seluruh pengemudi, penumpang, dan masyarakat merupakan prioritas utama kami. Khusus bagi mitra pengemudi, berikut adalah beberapa inovasi terbaru terkait keamanan yang sudah dan akan dinikmati oleh para mitra:

1. Kamera keamanan di dalam mobil mitra GrabCar saat ini sudah berjalan tahap uji coba/pilot di beberapa kota besar di Indonesia dan akan tersedia untuk semua mitra pengemudi di bulan Januari 2019. Fitur keamanan ini merupakan yang pertama di Indonesia, terintegrasi dengan layanan response center 24 jam, road assistance, asuransi kesehatan dan jiwa premium, diskon perawatan kendaraan dan cicilan/tabungan ban mobil dan aki.

2. Kami juga menyelenggarakan training offline dalam hal pelayanan, produktivitas, keamanan juga safety driving.

3. Perlindungan asuransi kecelakaan dan jiwa (gratis, tidak dibebankan kepada mitra pengemudi, melindungi pada saat sedang dalam perjalanan bersama Grab).

3. Dukungan Satgas di area bagi mitra pengemudi yang mengalami kecelakaan.

4. Fasilitas GrabBike Lounge khusus bagi mitra pengemudi untuk beristirahat maupun beraktivitas dengan mitra pengemudi lainnya.

5. Berbagai manfaat potongan harga untuk servis kendaraan, asuransi motor, pulsa, hingga program Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) bagi mitra pengemudi dengan dua bank nasional. (mik)