InSight Segera Mendarat di Mars Akhir November

CNN Indonesia | Kamis, 01/11/2018 15:51 WIB
InSight Segera Mendarat di Mars Akhir November Wahana antariksa InSight (Dok. NASA)
Jakarta, CNN Indonesia -- NASA kabarnya akan segera mendaratkan Mars InSight lander di permukaan Mars dalam beberapa minggu mendatang, tak peduli apapun yang terjadi. InSight adalah wahana antariksa penjelajah Mars yang diluncurkan NASA pada 5 Mei lalu di Pangkalan Udara Vandenberg California.

Wahana ini meluncur bersama dengan satelit eksperimental berbentuk kubus yang disebut MarCO. Perangkat ini akan menjadi penerus komunikasi saat wahana angkasa itu mendarat di permukaan Mars 26 November mendatang. Pendaratan melewati atmosfer tipis Mars itu diperkirakan akan berlangsung hanya tujuh menit.

Manajer proyek InSight Tom Hoffman mengatakan kepada wartawan bahwa waktu jatuh tempo pendaratan lintasan masuk balistik pesawat akan terjadi pukul 11:47 "tidak peduli apa pun (yang terjadi)."


Pendaratan ini dirancang untuk berdiam di satu tempat dan mempelajari bagian dalam planet Mars. Termasuk meneliti potensi Marsquakes alias gempa bumi di Mars.

Wahana antariksa ini akan mencapai mars di tengah musim badai pasir di planet itu. Sehingga para peneliti telah menambahkan pelindung suhu ekstra bagi perangkat itu.

[Gambas:Youtube]

Pada dasarnya, "tahap pendaratan" InSight dilakukan dengan menjatuhkan wahana yang tertutup oleh aeroshell ke atmosfer Mars.

Wahana itu akan mengembangkan parasut supersonik dan membuka perisai pelindung panas dan mendarat dengan kecepatan kian lambat dari kecepatan 19.795 km per jam hingga hanya 5 meter per jam. Sebelum mendarat di wahana akan menyalakan roket retro untuk memastikan pendaratan yang lembut.

InSight akan mendarat di bagian dataran besar planet yang disebut Elysium Planitia. Hoffman berharap tempat mendarat ini semulus tempat parkir dengan bebatuan.

Selain itu NASA juga akan menyiarkan secara langsung pendaratan pada 26 November itu. Tapi, jangan harap siaran langsung ini akan seseru siaran langsung peluncuran SpaceX Falcon 9. Sebab, dua kamera di papan Insight tidak akan memotret gambar sampai debu yang mengepul akibat pendaratan wahana hilang.

Ada kemungkinan Mars Reconnaissance Orbiter yang meluncurkan wahana ini dari atas atmosfer Mars mengambil gambar Insight dan parasut yang dibukanya saat turun. Tapi itu mungkin adalah pandangan terbaik yang bisa diharapkan saat merekam proses pendaratan, seperti dilaporkan CNet.
(eks/eks)