Daftar Merek Mobil Paling Dicari di Google

CNN Indonesia | Senin, 05/11/2018 13:35 WIB
Daftar Merek Mobil Paling Dicari di Google Logo Toyota. (Foto: Jared C. Tilton/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebelum membeli mobil, salah satu referensi terkuat konsumen jaman sekarang dalam melakukan riset yaitu bertanya pada mesin pencari Google. Di antara banyak produsen mobil yang ingin diketahui, perusahaan asuransi Veygo merilis data merek mana yang paling banyak dicari di seluruh dunia.

Diberitakan Autoblog pekan lalu, Veygo mengumpulkan akun pencarian kemudian memisahkannya berdasarkan negara. Toyota diungkap sebagai merek yang paling dicari menggunakan Google pada 2018. Catatannya, data yang digunakan merupakan akumulasi terkini karena tahun ini belum berakhir.

Toyota berada di puncak pencarian merek mobil di 57 negara. Di antaranya, Amerika Serikat (AS), Kanada, Australia, Filipina, dan Polandia.


BMW menempati peringkat kedua merek paling banyak dicari di Google. Merek premium asal Jerman itu terpaut cukup jauh dari Toyota dengan berada di puncak pencarian di 25 negara, mencakup Jepang, Korea Selatan, Irak, Mesir dan Libya.

Mengekor di peringkat ketiga, Mercedes-Benz menjadi merek mobil favorit di 23 negara. Menariknya merek premium pesaing BMW ini  banyak dicari di negara-negara berkembang seperti Nigeria, Mali, dan Sahara Barat.

Gebrakan Tesla dalam beberapa tahun terakhir juga nampak membuat nama produsen mobil listrik itu mencuat. Merek yang digagas oleh Elon Musk itu menempati puncak pencarian di Google pada tujuh negara, termasuk Swedia, Belanda, dan China.

Jumlah Pencarian

Selain teratas di banyak negara, Toyota juga berdiri di puncak dalam hitungan rata-rata pencarian. Rata-rata pencarian Toyota 7,8 juta per bulan.

Honda tidak terpaut terlalu jauh dengan 7 juta pencarian per bulan, disusul produsen Amerika Serikat, Ford, sebanyak 6,4 juta kali tiap bulan.

Pada tahun lalu Google merilis data merek mobil paling banyak dicari sepanjang 2017. Ford berada di urutan paling atas, sementara Toyota di peringkat empat.

Anak usaha Toyota, Lexus, sempat bercokol di peringkat kedua, namun tahun ini dilewati perusahaan induknya. Lamborghini menjadi satu-satunya merek eksotis yang masuk dalam daftar tahun lalu, perhatian khusus buat merek Italia ini berasal dari negara-negara di Asia Selatan, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah.

Hal menarik dari data ini adalah merek Jepang menjadi yang paling banyak dicari sepanjang tahun ini. Selain itu, merek lokal jarang ditemukan berdiri di puncak pencarian pada negara asal.

Beberapa "obsesi" terhadap merek luar ini dapat ditemukan pada ketertarikan penduduk Jepang kepada BMW dan rasa ingin tahu Rusia akan Hyundai. (gfs/fea)