Pengusaha Blockchain Beli Perusahaan Penambang Asteroid

CNN Indonesia | Selasa, 06/11/2018 03:59 WIB
Pengusaha Blockchain Beli Perusahaan Penambang Asteroid Ilustrasi (NASA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan yang berambisi untuk menambang di asteroid, Planetary Resources, diakuisisi oleh perusahaan blockhain ConsenSys pada 31 Oktober lalu. CEO Consensys Joe Lubin mengatakan akuisisi ini untuk mengambil talenta dari Planetary Resources.

Saya mengagumi Planetary Resources untuk bakat kelas dunia, catatan inovasi yang dilakukan dan telah menginspirasi orang di bumi untuk mendukung visi yang berani di masa depan," kata Lubin, Senin (5/11)

Bentuk kolaborasi antara kedua perusahaan masih belum jelas. Karena dua perusahaan ini bergerak di bidang yang terlihat sama sekali tidak ada kaitannya. Akan tetapi Lubin dalam pernyataan resmi menyebut "usaha desentralisasi ruang angkasa".


"Membawa kemampuan luar angkasa ke dalam ekosistem ConsenSys mencerminkan keyakinan kami terhadap potensi Ethereum untuk membantu umat manusia menciptakan sistem aturan kemasyarakatan baru melalui kepercayaan otomatis dan eksekusi yang terjamin," kata Lubin,

Desentralisasi merupakan kata kunci dalam Ethereum. Ethereum sendiri adalah platform komputasi yang terdesentralisasi yang dikenal mendukung ekosistem mata uang kripto.

"Kerja sama ini mencerminkan keyakinan kami dalam mendemokrasikan dan mendesentralisasikan upaya ruang angkasa untuk menyatukan spesies dan membuka potensi manusia yang belum dimanfaatkan," ujar Lubin.

Lubin berjanji akan mengungkapkan bentuk kolaborasi ini lebih lanjut dalam beberapa bulan ke depan. Sementara itu, CEO Planetary Resources Chris Lewicki dan General Counsel Brian Israel akan bergabung dengan ConsenSys dalam akuisisi ini.

"Saya bangga dengan pencapaian luar biasa tim kami, berterima kasih kepada pendukung visioner kami, dan senang bergabung dengan ConsenSys dalam membangun di atas pekerjaan kami untuk memperluas lingkup pengaruh ekonomi manusia ke dalam Tata Surya." Kata Lewicki, seperti dikutip TechCruch.

Planetary Resources sendiri ditemukan pada 2010, dan dianggap sebagai cahaya terang di dunia privatisasi perusahaan ruang angkasa. Kendati demikian perusahaan ini agak goyh setelah gagar mengamankan putaran pendanaan terbaru.

Dilansir dari Space, ConsenSys didirikan oleh Joseph Lubin yang juga merupakan salah satu pengembang Ethereum pada 2015 lalu. Perusahaan ini memiliki 1100 pegawai di enam benua. (jnp/eks)