Tips Otomotif

Cara Aman 'Biker' Berkacamata Berkendara Saat Hujan

CNN Indonesia | Sabtu, 10/11/2018 11:58 WIB
Cara Aman 'Biker' Berkacamata Berkendara Saat Hujan Pengendara sepeda motor harus lebih waspada ketika hujan turun. (Foto: Istockphoto/Bubbers13)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hujan merupakan momen sulit buat berkendara, apalagi bagi biker berkacamata. Alat bantu dengan material kaca itu rentan terkena air dan bisa sangat mengganggu visibilitas.

Basah kemudian ditempeli titik air dan berembun adalah hal yang mungkin kejadian pada kacamata pengendara waktu berkendara saat hujan. Saat hujan, visibilitas sudah berkurang banyak, bila ditambah masalah kacamata bisa jadi kondisi semakin berbahaya.

Jusri Pulubuhu Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting menjelaskan ada baiknya pesepeda motor berkacamata menepi sementara ketika hujan.


"Kalau ada orang-orang yang memiliki gangguan mata atau menggunakan kacamata tidak mumpuni, sebaiknya pada musim hujan, ketika hujan lebat, berhenti dan turun dari motor untuk sementara," kata Jusri ketika dihubungi CNNIndonesia.com pada Jumat (9/11).

Salah satu solusi untuk rider berkacamata yang dikemukakan Jusri yaitu menggunakan tambahan perangkat goggle (kacamata berukuran besar) untuk melapisi kacamata.

"Pengendara motor menggunakan kacamata frame untuk alasan kesehatan, saat hujan ia akan tetap kesulitan. Selain terpaan angin, dia juga akan kena terpaan hujan. Karena itu goggle mutlak harus dikenakan," kata Jusri.

Selain kacamata plus goggle, lensa kontak disebut bisa menjadi alternatif buat biker yang menderita gangguan pengelihatan.

"So far penggunaan kontak lensa tidak mengganggu ketika berkendara. Akan lebih baik untuk digunakan saat hujan dibanding kacamata," tutup Jusri. (gfs/fea)