Festival 11.11, Alibaba Cetak US$1 Miliar Dalam 1 Menit

CNN Indonesia | Minggu, 11/11/2018 10:32 WIB
Festival 11.11, Alibaba Cetak US$1 Miliar Dalam 1 Menit Gala ajang 11.11 Global Shopping Festival Alibaba. (Dok. Alibaba Group)
Jakarta, CNN Indonesia -- Situs penjualan daring (e-commerce) terbesar di China, Alibaba membukukan nilai transaksi sebesar US$1 miliar (sekitar Rp 14,6 triliun), hanya dalam waktu satu menit 25 detik melalui transaksi Alipay. Rekor itu tercatat saat pelaksanaan 11.11 Global Shopping Festival 2018 sejak Minggu (11/11) dini hari.

Melalui keterangan resmi diterima CNNIndonesia.com, Alibaba menyatakan mereka membukukan nilai transaksi Gross Merchandise Volume (GMV) sebesar US$ 10 miliar dalam waktu satu jam 48 detik. Dalam ajang kali ini ada lebih dari 180 ribu merek dagang yang berpartisipasi.
Dilansir CNN, prestasi Alibaba dalam ajang belanja daring 11.11 memperlihatkan mereka bisa bertahan di tengah kondisi pertumbuhan ekonomi China yang melambat, persaingan yang jual beli daring yang semakin ketat, dan perang dagang antara China dan Amerika Serikat.

Sebagian masyarakat China menganggap 11 November sebagai hari libur informal. Alibaba lantas mulai menggelar kegiatan khusus belanja daring dengan rabat pada hari itu sejak 2009 silam.
Meski demikian, Alibaba kini tidak sendiri. Pesaing mereka, JD.com juga menggelar hal serupa di luar China. Perpanjangan tangan Alibaba, yakni Lazada juga akan menggelar kegiatan yang sama di Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Namun, ajang yang digelar Alibaba tetap yang paling menarik banyak perhatian.


(tim/ayp)