Uji Produk

Jajal Samsung Galaxy Note 9, Ponsel Premium Penyuka Gim

Agnes Savithri, CNN Indonesia | Selasa, 13/11/2018 12:54 WIB
Kamera utama Galaxy Note 9 berukuran 12 MP dengan aperture f/1,5 dan f/2.4, dual pixel PDAF dan OIS. Kamera kedua berukuran 12 MP dengan aperture f/2,4, OIS dan 2x zoom.(CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Akhir Agustus lalu, Samsung kembali meluncurkan ponsel flagshipnya. Kali ini, produk anyar datang dari jajaran seri Note yakni Galaxy Note 9.

Phablet yang dibekali stylus ini memang nampak serupa dengan pendahulunya yakni Galaxy Note 8. Namun, kali ini Samsung membekali Note 9 dengan stylus yang lebih 'bertenaga'.

Beberapa fungsi baru hadir dari stylus Note 9 dari mulai remote hingga clicker saat presentasi. Samsung pun menambahkan Water Carbon Cooling System untuk para pencinta gim.


CNNIndonesia.com berkesempatan untuk mencoba phablet anyar Samsung ini. Berikut ulasannya:

Desain

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Galaxy Note merupakan jajaran phablet sehingga ukuran layar pun lebih besar dari ponsel kebanyakan. Galaxy Note 9 memiliki layar sebesar 6,4 inci.

Bagi pengguna ponsel berukuran 5,5 inci, memegang ponsel sebesar ini cukup membuat pegal jika dilakukan dalam waktu yang lama. Mengetik percakapan dengan satu tangan pun tak semudah jika menggunakan ponsel yang lebih kecil.
(EMB) Jajal Samsung Galaxy Note 9, Ponsel Premium Penyuka GimTampilan Samsung Galaxy Note 9 dalam genggaman. (REUTERS/Lucas Jackson)
Selain itu, dengan body yang terbuat dari kaca, ponsel ini cukup licin dan berpotensi mudah jatuh jika tidak menggunakan casing. Namun, dengan layar sebesar ini, menonton streaming atau bermain gim akan lebih puas terutama dengan ukuran dan kualitas layar.

Ukuran ini lebih besar satu inci dari pendahulunya Galaxy Note 8 yang memiliki layar sebesar 6,3 inci. Layar Note 9 memiliki layar 3K 3K (2960x1140) Quad HD+ Super Amoled didukung oleh kerapatan layar yang mencapai 521 ppi (piksel per inci) dan aspek rasio 83,4.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy Note 9 memiliki tingkat kecerahan dari pada Note 8.
Dari sisi tampilan tombol, Samsung memindahkan letak sensor sidik jari. Samsung meletakkan sensor sidik jari di bawah dua kamera utama. Selain itu, perusahaan asal Korea Selatan ini menambahkan sensor detak jantung di samping lampu flash.

Sensor ini terhubung dengan aplikasi Samsung Health. Pengguna tinggal menekankan jari di sensor tersebut dan menunggu aplikasi screening jari. Setelah itu, aplikasi akan memberitahukan detak jantung dan tingkat stres pengguna.

Selain sensor, Samsung pun melakukan perubahan dari tombol. Tombol power masih terletak di sebelah kanan. Namun, kali ini tombol Bixby, asisten digital Samsung dipindahkan ke sebelah kanan bersama dengan tombol volume.

Letak tombol tersebut cukup mengganggu terutama ketika mau membesarkan volume, karena sering terjadi kesalahan menekan tombol Bixby. (age/age)
1 dari 4


BACA JUGA