Hitung-hitungan Yamaha Rilis Trail 150 cc

CNN Indonesia | Kamis, 15/11/2018 14:36 WIB
Hitung-hitungan Yamaha Rilis Trail 150 cc Motor trail Yamaha. (Foto: yamahamotorsports.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sudah lumayan lama Yamaha Indonesia dikabarkan bakal ikut persaingan segmen trail 150 cc dengan model penantang Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF150L. Namun saat ini segmen itu bukan prioritas, Yamaha sekarang lagi fokus pada maxi series dan skutik.

Kendati demikian ada informasi yang menjelaskan Yamaha sedang menyiapkan model trail 150 cc bernama "WR150". Rumor beredar model ini menggunakan mesin 1-silinder kapasitas 150 cc dengan radiator yang dipakai V-Ixion.

Presiden Direktur Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Minoru Morimoto mengingatkan bahwa selain skutik, Yamaha juga dikenal dengan motor adventure dan trail. Dia mengatakan Yamaha pada dasarnya mau membuat trail 150 cc.


Morimoto tidak mau mengonfirmasi soal rumor pengembangan "WR150". Namun dia mau mengungkap sedikit strategi Yamaha akan masuk ke segmen itu.

"Kawasaki sudah sukses dengan KLX tapi tidak meroket. Honda juga, tapi tidak meroket. Jadi konsumen seperti bertanya, apa yang baru? Jadi kami butuh waktu, bukan memandang pasarnya membesar tapi kami melihat sesuatu," ucap Morimoto di Sirkuit Sentul, Jawa Barat akhir pekan lalu.

Yamaha dikatakan sedang fokus pada maxi series, segmen ini merupakan unggulan sebab minim pesaing. Saat ini dikatakan hanya Honda PCX 150 yang jadi pesaing salah satu model maxi, Nmax.

Model maxi lainnya, Aerox 155, Lexi, Xmax, dan Tmax, bermain sendirian.

"Prioritas utama kami untuk maxi dulu. Lalu membuat skutik," ujar Morimoto.

Skutik yang dimaksud adalah FreeGo, model kelima di jajaran skutik 125 cc Yamaha. FreeGo merupakan inovasi baru dari Yamaha yang disebut dikembangkan khusus untuk Indonesia. (fea/mik)