7 Mobil Terbakar, dari Xenia Sampai Jeep Rubicon

CNN Indonesia | Kamis, 15/11/2018 19:40 WIB
7 Mobil Terbakar, dari Xenia Sampai Jeep Rubicon Toyota Fortuner terbakar di Indralaya, Sumatera Selatan pada Kamis (8/11). (Foto: dok. Satreskrim Polres Ogan Ilir)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kasus kebakaran yang menimpa sejumlah mobil akhir-akhir ini tentu saja merugikan pemiliknya. Mobil mendadak terbakar banyak penyebabnya, mulai modifikasi yang dianggap salah, kebakaran disebabkan pemilik tidak merawat mobil hingga faktor eksternal yang tak disadari pemilik kendaraan.

Mobil pribadi tentunya harus mendapatkan perhatian khusus, tujuannya agar tidak menyebabkan kerugian secara materi dan menjadi korban tunggangannya sendiri.

Hasil penelusuran CNNIndonesia.com, ada tujuh mobil yang mengalami kebakaran selama 2018.


Pertama Jeep Rubicon naas yang terbakar di Senayan, Jakarta Selatan. Foto mobil terbakar diunggah di akun media sosial milik TMC Polri pada akhir Maret 2018. Pada foto tersebut keluar api dari di bagian kap mesin Rubicon.

Selanjutnya Kebakaran mobil mirip Porsche di Tol Slipi KM 12 arah Grogol, Jakarta Barat pada Mei 2018. Penyebab diduga bahwa mesin mobil terlalu panas atau overheat. Belakangan diketahui mobil tersebut bukan keluaran manufaktur otomotif Jerman, Porsche, melainkan Toyota MR2 yang telah dimodifikasi mirip salah satu model Porsche.

Kemudian kebakaran paling fenomenal berasal dari Daihatsu Xenia milik Neno Warisman saat parkir di rumahnya, kawasan Cimanggis, Depok.

Dugaan awal mobil ini sengaja dibakar oleh seseorang. Namun, berdasarkan penelusuran kepolisian mobil minibus milik Neno itu terbakar karena ada korsleting pada bagian baterai. Kejadian ini diketahui terjadi pada Sabtu (21/7).

Keempat, yaitu Mitsubishi Xpander yang terbakar di Riau pada September 2018. Kebakaran ini sempat viral karena Xpander tersebut masih menggunakan pelat nomor putih.

Atas kejadian ini pihak Mitsubishi harus menerbangkan teknisi untuk melakukan investigasi guna mengetahui penyebab terbakarnya Xpander. Dugaan awal produsen, pemilik memasang aksesori sehingga menimbulkan korsleting.

Disusul mobil keluaran pabrikan Jepang lainnya yakni Honda Jazz yang terbakar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) pada September 2018.

Tidak diketahui penyebab terbakarnya mobil yang saat itu sedang mengantre pengisian bahan bakar. Pemilik mobil berhasil keluar dan api tak sampai menyambar mesin pompa SPBU serta mobil lainnya yang juga lagi ikut antre isi BBM.

Kejadian selanjutnya Toyota Innova generasi pertama yang terbakar di Jalan Tol Pandaan-Gempol KM 44 800, Jawa Timur, Oktober 2018.

Dari keterangan pemilik, mobil yang dikendarai secara tiba-tiba mengeluarkan api dari kap mesin dan langsung menyambar bagian lainnya. Tidak ada korban jiwa pada insiden tersebut.

Dan yang terbaru satu unit Toyota Fortuner ludes dilalap api. Fortuner terbakar ini terjadi di Palembang, Sumatera Selatan. Penyelidikan kepolisian menyebutkan tidak ada sabotase dalam kejadian ini. Petugas polisi setempat menyebut mobil terbakar karena tersangkut di tiang portal yang terbuat dari besi.

Pemiliknya mengaku bahwa mobil dalam keadaan normal dan tidak ada modifikasi di dalamnya. (ryh/mik)


BACA JUGA