Tim Cook: Raksasa Teknologi Tak Bisa Lagi Hindari Regulasi

CNN Indonesia | Senin, 19/11/2018 11:30 WIB
Tim Cook: Raksasa Teknologi Tak Bisa Lagi Hindari Regulasi Ilustrasi. (Justin Sullivan/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- CEO Apple Tim Cook mengungkapkan saat ini peraturan Silicon Valley sudah tak terelakkan. Dilansir dari CNET, Cook mengungkapkan gelombang sedang berbalik untuk dunia teknologi.

Sebelumnya, perusahaan teknologi Silicon Valley memiliki banyak kebebasan untuk bergerak cepat dan membuat segala terobosan. Namun, hari-hari tersebut akan segera berakhir. Cook mengungkapkan hal tersebut dalam wawancara di acara televisi HBO.

"Secara umum saya bukan penggemar regulasi," katanya dari Kantor Pusat Apple di Cupertino, California, Minggu (18/11).
"Saya sangat percaya di pasar bebas. Tapi kita harus mengakui ketika pasar bebas tidak berfungsi. Dan itu tidak berhasil di sini. Dan saya pikir tidak dapat dihindari bahwa akan ada beberapa tingkat regulasi," paparnya.


Hal ini menjadi pertanyaan besar yang dihadapi Silicon Valley ketika raksasa teknologi seperti Apple, Facebook, dan Google bergulat dengan peran mereka dalam membentuk masyarakat modern.

Dari membangun perangkat dan layanan yang digunakan setiap hari hingga bagaimana cara mengakses berita. Saat ini, raksasa teknologi seperti Google, Facebook dan Apple sedang memiliki 'masalah' masing-masing,
Apple sedang 'membahas' masalah privasi di era terorisme dengan FBI. Google 'dipaksa' menjawab pertanyaan tentang mesin pencari tersensor untuk China. Sedangkan, Facebook sedang 'tersandung' masalah campur tangan Rusia dalam pemilu AS 2016. (age/age)