Elon Musk Ganti Nama Roket Raksasa SpaceX

AFP, CNN Indonesia | Rabu, 21/11/2018 06:39 WIB
Elon Musk Ganti Nama Roket Raksasa SpaceX Roket Falcon 9 milik SpaceX. (REUTERS/Gene Blevins)
Jakarta, CNN Indonesia -- CEO sekaligs pendiri SpaceX Elon Musk mengumumkan perubahan nama untuk roket raksasa Big Falcon Rocket (BFR) besutannya. Musk memilih nama 'Startship' untuk menggantikan nama BFR.

Roket raksasa ini dibuat untuk membawa penghuni Bumi membuat koloni ke Bulan dan Mars. Pengumuman penggantian nama ini diungkap Musk lewat cuitan di akun Twitter pribadinya.




Dilansir AFP, sebelum berganti nama, BFR hanya nama tidak resmi yang disematkan pada roket setinggi 118 meter tersebut. Hingga kini, SpaceX masih dalam tahap pengembangan Spaceship lebih lanjut.

Selain sudah resmi menggunakan nama Starship, ia juga mengatakan roket baru ini menawarkan desain baru.

Jika proses pengembangan rampung, rencananya roket ini akan digunakan untuk mengangkut turis antariksa pertama asal Jepang ke Bulan di awal 2023 mendatang.

Kedepannya, Musk menargetkan roket rakasanya ini mampu menampung 100 penumpang dalam sekali angkut. Dengan begitu, rencana koloni manusia di Bulan dan Mars diharapkan dapat segera terwujud.

Selain Starship, Space saat ini juga mengandalkan roket Falcon 9 dan Falcon Heavy untuk 'hilir mudik' dari Bumi ke antariksa.

Falcon 9 digunakan untuk peluncuran satelit dan kargo kebutuhan astronaut ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Sejak digunakan pada 2012, Falcon 9 telah merampungkan lebih dari 60 misi.

Musk berencana meningkatkan performa Falcon 9 agar bisa lebih sering dipakai berulang kali.

Sementara Falcon Heacy memiliki kapasitas lebih besar dan telah merampungkan tes peluncuran perdana pada Februari lalu. Roket ini membawa muatan lebih besar, salah satunya satu unit mobil Tesla ke luar angkasa. (evn)