Harga Bitcoin Anjlok Jadi Rp73 Juta, Terendah Sejak 2017

AFP, CNN Indonesia | Kamis, 22/11/2018 03:18 WIB
Harga Bitcoin Anjlok Jadi Rp73 Juta, Terendah Sejak 2017 Ilustrasi. (REUTERS/Dado Ruvic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nilai bitcoin kembali tergelincir hingga di bawah US$5 ribu atau sekitar Rp73,1 Juta pada Senin (19/11). Dilansir dari AFP, anjloknya harga ini karena aksi jual yang masif di pasar uang cryptocurrency. Anjloknya harga bitcoin ini menjadi yang terendah sejak Oktober 2017.

Data yang dikumpulkan oleh badan pertukaran digital Coinbase menunjukkan mata uang virtual paling populer di dunia kehilangan 12,5 persen nilainya sejak Jumat malam, (16/11).

Penurunan ini pun telah mempengaruhi mata uang kripto yang diperdagangkan lainnya seperti ethereum dan ripple


Bitcoin membuka perdagangan pada Rabu lalu (14/11) di harga US$6,3 ribu atau sekitar Rp92,8 juta dan sejak itu kapitalisasi pasarnya jatuh kurang lebih hingga total US$ 90 juta atau sekitar Rp13,1 triliun untuk pertama kalinya dalam lebih dari setahun.
Sektor yang masih baru ini belum sepenuhnya transparan dan para analis telah berusaha untuk memahami faktor apa yang mendorong penurunan harga yang tinggi ini. Setidaknya beberapa di antaranya dikaitkan dengan pertempuran untuk mengendalikan operator crypto yang lebih kecil yang disebut bitcoin cash.

Analis telah memperkirakan beberapa tahun lalu yakni perdagangan crypto terlalu tidak diatur dan berisiko. Namun, investasi ini dianggap sebagai investasi yang aman bagi masyarakat luas. Bitcoin mengalami tahun penurunan yang menyakitkan dari level tertingginya sepanjang masa US$19,5ribu atau setara dengan Rp285,4 juta pada bulan Desember 2017.

Beberapa masalah mata uang telah dikaitkan dengan model bisnisnya. Bitcoin dibuat melalui proses yang disebut "penambangan" komputer.
Penambangan ini dasarnya melibatkan penggunaan prosesor bank-bank yang saling berhubungan untuk memecahkan masalah matematika yang rumit.

Perhitungan semakin sulit untuk memecahkan lebih banyak bitcoin yang ada di pasaran. Biaya listrik yang terlibat tumbuh sebagai hasilnya.

Perkiraan pasar yang dilakukan bulan lalu menempatkan biaya penambangan satu bitcoin pada harga US$7 ribu atau setara dengan Rp102,4 juta.
Ini berarti pemain pasar saat ini menciptakan koin baru dengan kerugian. Pedagang telah berharap untuk mendapatkan dorongan besar dengan persetujuan oleh Securities and Exchange Commission AS (SEC) dari dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF). (age/age)