TIPS OTOMOTIF

Cara Bikin Sirna Bau Khas Mobil Baru

CNN Indonesia | Sabtu, 24/11/2018 20:44 WIB
Cara Bikin Sirna Bau Khas Mobil Baru Interior Porsche Panamera Turbo Executive. (Foto: Courtesy Porsche)
Jakarta, CNN Indonesia -- Buat sebagian orang aroma interior mobil baru adalah hal menyenangkan untuk dihirup, alasannya mungkin karena jadi bukti baru beli mobil atau mengingatkan perjuangan buat membelinya. Walau begitu buat sebagian orang lainnya aroma itu bisa jadi tidak dianggap demikian hingga harus segera disingkirkan.

Hal yang mesti dipahami sebelum menghilangkannya yaitu mengetahui dari mana datangnya. Aroma mobil baru berasal dari macam-macam sumber dan tergantung jenis serta proses produksinya.

Sebagian besar interior mobil merupakan bagian plastik yang direkatkan menggunakan lem. Bahan-bahan perekat itu mengeluarkan senyawa organik yang menguap.


Jumlah uap itu sebenarnya sedikit, namun bila terus-terusan terjadi di kabin tertutup bisa semakin pekat hingga akhirnya terendus siapapun yang masuk ke kabin. Selain itu sumber aroma mobil baru juga bisa berasal dari pelumas, cat, karpet, pelapis jok, dan vinil.

Menurut howstuffworks.com, aroma mobil baru tidak bertahan selamanya. Kadarnya bakal hilang 20 persen setiap pekan seiring pemakaian.

Ford merupakan salah satu pabrikan yang perhatian untuk menghilangkan aroma mobil baru lebih cepat. Bahkan produsen asal Amerika Serikat ini telah mendaftarkan paten proses menghilangkan aroma yang akan digunakan segera setelah mobil dibeli konsumen.

Pada tahun lalu Ford menciptakan tim yang terdiri dari 18 orang dengan penciuman sensitif untuk meneliti sumber aroma dan cara menghilangkannya dengan cepat. Penelitian ini dibuat untuk pasar China karena konsumen di sana ternyata banyak yang terganggu dengan aroma mobil baru.

Dijelaskan Detroit Free Press, di dalam paten itu dijelaskan salah satu proses menghilangkannya yaitu meliputi memarkir kendaraan yang kena langsung sinar matahari, membuka jendela perlahan, lantas ada pilihan sambil menyalakan mesin dan mengaktifkan pemanas.

Sistem ini membutuhkan perangkat lunak spesial dan sensor kualitas udara. Teknologi ini diciptakan untuk mobil berteknologi otonom, jadi mungkin masih agak lama untuk bisa dirasakan konsumen.

Buat konsumen yang ingin menghilangkan aroma dengan cepat bisa menggunakan sendiri proses paten Ford, yaitu menjemur kendaraan sampai aroma menguap ke udara bebas. Hal lain yang bisa dicoba yaitu menggunakan bahan alami yang bisa 'menyerap' bau yaitu bubuk kopi atau kulit jeruk, caranya diletakkan di wadah kemudian dibiarkan di kabin selama beberapa waktu. (fea)


BACA JUGA