Edukasi & Fitur

Tak Matikan Lampu Kabin Mobil Saat Malam Hari Picu Kecelakaan

Tim, CNN Indonesia | Senin, 03/12/2018 20:18 WIB
Tak Matikan Lampu Kabin Mobil Saat Malam Hari Picu Kecelakaan Ilustrasi. (Foto: StockSnap/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sistem penerangan tidak hanya ada pada sisi luar kendaraan yang berfungsi membantu pengemudi melihat jalan saat malam hari. Di dalam kabin, lampu juga bisa ditemui pada plafon.

Lampu di dalam kabin mempunyai beberapa fungsi yang salah satunya mempermudah pencarian barang pengemudi dan penumpang karena saat malam hari minim cahaya.

Selain itu lampu kabin juga berguna sebagai penanda apakah pintu kendaraan sudah tertutup rapat atau belum. Sebagian mobil lampu kabinnya tidak akan mati jika pintunya belum ditutup rapat.


Di balik itu pengemudi harus tahu bahwa saat mobil melaju lampu kabin wajib mati, meski berkendara dilakukan pada malam hari. Ada empat alasan mengapa lampu kabin harus mati seperti dilansir Daihatsu. Keempat alasan itu kami ulas dalam rubrik edukasi dan fitur CNNIndonesia.com.

1. Menyesuaikan penglihatan pada malam hari. Pupil mata akan berubah ukuran sesuai intensitas cahaya yang diterima.

Jadi, jika lampu kabin menyala, pupil akan mengecil dan menyebabkan jumlah cahaya yang masuk ke mata lebih sedikit. Di saat yang sama, keadaan di luar mobil begitu gelap, maka kemampuan penglihatan akan terganggu.

Oleh karena itu, lampu kabin mobil yang dimatikan akan membuat pupil matamu menyesuaikan diri dengan intensitas cahaya di luar mobil. Prinsip sederhana ini dipercaya untuk meningkatkan keselamatan.

2. Menjaga privasi. Lampu yang mati bakal menjaga privasi seiisi mobil dan ini juga upaya menghindari hal yang tak diinginkan seperti tindak kejahatan.

Sebab, jika lampu kabin mobil menyala, para penjahat akan lebih mudah melakukan aksinya karena sudah mengetahui kondisi di dalam mobil.

3. Membiarkan lampu kabin menyala dapat membuat baterai boros. Lampu kabin yang dibiarkan menyala di sepanjang perjalanan akan berpengaruh pada komponen baterai. Sebagai penghasil listrik, daya baterai mobil bakal terkuras habis jika lampu kabin menyala untuk waktu lama.

Kondisi tentu akan semakin parah jika kita berada dalam perjalanan jauh. Lampu kabin yang terus-terusan dinyalakan akan menyebabkan baterai mobil habis. Dampaknya mobil bisa mogok. Tidak hanya itu, habisnya daya baterai mobil akan berpengaruh pada performa mobil dan menyebabkan kerusakan komponen lainnya.

4. Silau dari lampu kabin dipercaya dapat merusak konsentrasi pengendara lain. Pandangan pengendara lain harus tertuju pada lampu-lampu petunjuk di jalan raya. Jika lampu kabin mobil kita menyala, konsentrasi pengendara lain akan beralih pada bagian dalam mobil kita yang terang. Kondisi ini bisa memicu kecelakaan khususnya berkendara pada malam hari. (ryh/mik)


BACA JUGA