Google Siapkan Aplikasi Pengganti Hangouts

CNN Indonesia | Rabu, 05/12/2018 07:15 WIB
Google Siapkan Aplikasi Pengganti Hangouts Ilustrasi Google. (REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manager Google Scott Johnston menyatakan bahwa perusahaan akan mengalihkan pengguna Hangouts ke aplikasi lain yaitu Hangouts Chat dan Hangouts Meet. Pengalihan ini perlahan kemungkinan akan mengurangi jumlah pengguna Hangouts untuk konsumen yang selama ini terpasang secara cuma-cuma untuk para konsumen Gmail.

Lalu, seperti apakah aplikasi pengganti Google Hangouts?

Pertama-tama, dalam situs resminya, Google meluncurkan Hangouts Chat untuk memberikan layanan yang lebih kepada tim perusahaan yang menggunakan G Suite. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengirim berbagai format unggahan seperti chat biasa hingga berbagi dokumen.
Nilai jual dari aplikasi ini adalah ruang diskusi yang lebih aman dan privat di dalam sebuah tim. Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur pembagian, diskusi dan dokumen di dalam aplikasi.


Perbicangan di dalam aplikasi ini diatur di dalam thread yang membicarakan tentang sebuah proyek. Proyek lain bisa menggunakan thread lain. Pesan baru muncul di bagian baa dan bisa ditandai jika belum dibaca.

Jika percakapan dimulai sebelum pengguna bergabung dengan tim, mereka masih dapat melihat seluruh thread. Semua percakapan adalah kata kunci yang dapat ditelusuri. Mereka juga dapat menyaring pencarian berdasarkan jenis file atau orang.
Google Hangouts Chat sangat terintegrasi dengan alat Google lainnya, seperti Google Grup dan Google Drive. Misalnya, pengguna ingin dengan cepat membuat ruang baru untuk anggota Grup Google di mana ketika dokumen Google Drive dibagikan di dalam Hangouts Chat, semua anggota menerima akses ke file tersebut, dan Hangouts Chat secara otomatis menyesuaikan pengaturan akses.

Pengguna bisa mengatur notifikasi pesan yang ingin diterimanya. Misalnya, hanya ketika dia di-mention oleh pengguna lain, hanya pada thread tertentu saja atau sama sekali tidak mendapat notifikasi lagi.

Aplikasi ini mengurangi langkah panjang pengguna untuk mendiskusikan sebuah proyek lantaran tak harus membuka aplikasi lain di dalam email. Kendati demikian, Hangouts Chat hanya bisa digunakan secara cuma-cuma oleh pemilik akun G Suite, bukan konsumen Gmail biasa.

Selain itu, Google juga meluncurkan Hangouts Meet yang khusus didesain untuk pertemuan alias meeting. Pengguna bisa mengadakan pertemuan dadakan di mana saja dengan peserta hingga 50 orang tanpa batas waktu. Untuk G Suite Basic and Business, rapat video hanya dapat diikuti 25 peserta.

Pertemuan bisa dilakukan melalui ponsel, web kode pertemuan maupun sistem pihak ketiga. Peserta bisa ditambah atau dihapus saat pertemuan sedang berjalan. Peserta juga bisa ditambah melalui Calendar.
Peserta juga bisa mengirim chat dalam pertemuan, menunjukkan layar pengguna, merekam pertemuan hingga membungkam mikrofon sendiri.

Kedua aplikasi ini dirilis Google pada awal 2018 silam. Selain keduanya, Google juga dilaporkan tengah mengerjakan aplikasi perpesanan berbasis RCS yang datang pada awal 2019 sesuai dengan waktu untuk penutupan Hangouts pada tahun 2020. (kst/age)