Alfa Romeo dan Fiat Masuk Indonesia Lagi Tahun Depan

CNN Indonesia | Rabu, 05/12/2018 08:52 WIB
Alfa Romeo dan Fiat Masuk Indonesia Lagi Tahun Depan Alfa Romeo di Indonesia International Motor Show 2015. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Agen Pemegang Merek (APM) Fiat Chrysler Automobiles (FCA) yang baru, Hascar Internasional Motor, bukan cuma mau memasarkan Jeep di Indonesia. Perusahaan yang baru berdiri pada Oktober lalu ini juga mau membangkitkan merek FCA lainnya, yaitu Alfa Romeo dan Fiat.

Ari Utama, CEO Hascar, menjelaskan, saat ini pihaknya sudah menjual Jeep Compass dan Wrangler. Tahun depan, rencananya mobil-mobil Alfa Romeo dan Fiat bakal diimpor masuk untuk dijual di dalam negeri.

"Mulai 2019 kami akan memasukan line up dari merek-merek yang kami pegang, Alfa Romeo dan Fiat. Dan varian-varian dari Jeep akan kami perbanyak," ucap Ari saat pengumuman Hascar sebagai pengganti Garansindo, Sabtu (1/12).


Ari tidak mengungkap nama model Alfa Romeo dan Fiat yang bakal dijual. Walau begitu diketahui sejak era Garansindo, Alfa Romeo 4C dan Fiat 500 sudah pernah didagangkan di dalam negeri.

Andre Dumais, Deputy CEO Hascar, mengungkap, saat ini pihaknya ingin fokus pada Jeep untuk tahap awal.

"Kita baru mulai dengan perusahaan baru, manajemen baru, dan pasar Jeep sudah eksis, itu kenapa kami berani mengambil alih. Memang jadi PR besar buat Hascar menggairahkan Jeep. Kami akan fokus dulu ke Wrangler dan Compass, kami juga akan survei untuk pasar lain sepeti Alfa Romeo dan Fiat," kata Andre.

Dealer

Ari mengungkap Hascar saat ini mendapat dukungan bank Bukopin untuk pembiayaan pembelian kendaraan. Meski begitu dia menjelaskan lebih dari 50 persen pembeli Jeep Wrangler membayar tunai.

Saat Hascar sudah bergandengan tangan dengan mitra dealer, di antaranya berada di Pondok Indah, BSD, Medan, Surabaya, Makassar, dan Bali.

"Untuk rencana outlet, target ke depan ada 11-14 outlet untuk support target penjualan," ujar Ari.

Target penjualan Hascar yang ditetapkan untuk tahun depan, ungkap Ari, yaitu 559 unit. Angka itu untuk semua merek, mulai dari Jeep, Alfa Romeo, sampai Fiat. (fea/mik)


BACA JUGA