Mitsubishi Jaga Embrio 'Nissan Xpander' di Tengah Kasus Ghosn

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 06/12/2018 20:28 WIB
Mitsubishi Jaga Embrio 'Nissan Xpander' di Tengah Kasus Ghosn Mitsubishi Xpander. (Foto: Dok. Mitsubishi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Operasi bisnis Mitsubishi di Indonesia saat ini dinyatakan "masih berjalan seperti biasa" pasca penangkapan Carlos Ghosn di Jepang pada 19 November lalu.

Director of Coordination & Development Division Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Ogi Ikematsu memastikan perkara yang dialami bos aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi itu tidak berpengaruh terhadap bisnis Mitsubishi di Indonesia.

"Pastinya kasus Ghosn berbeda dengan kami, jadi semuanya masih berjalan seperti biasa. Kami masih berusaha untuk tetap menjaganya dan terus mengembangkan bisnis di Indonesia," ujar Ikematsu saat ditemui di Jakarta, Rabu (5/12).


Ghosn ditangkap di Bandara Haneda, Tokyo, oleh otoritas Jepang. Penangkapannya dilakukan atas dugaan Ghosn telah melakukan melanggar pelaporan pendapatan dan menyalahgunakan aset Nissan buat kepentingan pribadi.

Ghosn ditangkap sebagai kapasitasnya sebagai Chairman Nissan. Setelah kejadian itu saham Nissan rontok dan Ghosn dicopot dari jabatannya. Mitsubishi dan Renault juga melakukan hal yang sama.

Perkara Ghosn mempengaruhi rencana peluncuran produk baru Nissan. Debut global model baru versi performa mobil listrik Leaf yang dijadwalkan di LA Auto Show (30 Novemberr - 9 Desember 2018) batal jadi dilakukan gara-gara situasi Ghosn.

Ghosn juga punya rencana besar di Indonesia. Pabrik baru Mitsubishi di Bekasi yang dia resmikan bersama Presiden Joko Widodo bakal memproduksi "Nissan Xpander" tahun depan. Kolaborasi aliansi juga berlanjut karena mesin 1.500 cc Xpander bakal diproduksi di pabrik Nissan di Indonesia pada tahun depan.

Ikematsu menolak berkomentar soal potensi gangguan situasi Ghosn pada rencana kerja sama produksi Mitsubishi dan Nissan.

"Saat ini saya tidak bisa berkomentar," kata Ikematsu.

Pada Selasa (4/12), Intan Vidiasari, Deputy Group Head of Planning & Communication Group MMKSI mengatakan "tidak ada pengaruhnya hingga saat ini" saat ditanya dampak penangkapan Ghosn pada strategi produksi Xpander versi Nissan. (ryh/mik)