Daftar Diskon Akhir Tahun 'Low' MPV dan SUV di Atas Rp20 Juta

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 06/12/2018 16:45 WIB
Daftar Diskon Akhir Tahun 'Low' MPV dan SUV di Atas Rp20 Juta Ilustrasi pameran IIMS 2018. (Foto: Dok. Honda Prospect Motor)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sudah umum kejadian dealer mobil bakal umbar diskon akhir tahun mengingat kode Vehicle Identification Number (VIN) 2018 bakal berakhir.

CNNIndonesia.com merangkum mobil-mobil pada segmen low MPV dan SUV medium ladder frame yang didiskon di atas Rp20 juta.

Semakin besar dimensi mobil maka diskonnya semakin tinggi. Diskon di atas Rp20 juta diketahui didapat pada model low MPV dan SUV, sedangkan potongan harga buat Low Cost Green Car (LCGC) di bawah itu.


Dari semua model MPV 'murah', hanya Wuling Confero dan Mitsubishi Xpander yang diskonnya tidak sampai Rp20 juta. Kemungkinan dealer masih "jaga image" karena kedua model itu terbilang anak baru.

Model lainnya, Toyota Avanza diberikan potongan harga hingga Rp28 juta, Daihatsu Xenia Rp26 juta, Suzuki Ertiga Rp26 juta, dan Honda Mobilio Rp35 juta.

Pada segmen SUV medium, dua model terlaris, Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner, masing-masing mendapatkan rabat Rp38 juta dan Rp35 juta.

Sedangkan calon konsumen Chevrolet Trailblazer digoda dengan diskon Rp25 juta. Potongan harga paling tinggi pada model SUV medium ladder frame ada pada Isuzu MU-X yakni sebesar Rp45 juta. Sementara itu dealer Nissan tidak menawarkan diskon buat Terra.

Diskon besar akhir tahun merupakan salah satu dorongan kuat buat konsumen membeli mobil baru. Selain diskon ada faktor pendukung lainnya, yakni pertimbangan besar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang selalu meningkat setiap tahun.

Salah satu kekurangan membeli mobil akhir tahun yaitu konsumen cuma sebentar merasakan nuansa "mobil baru". Bila membeli mobil baru pada bulan ini, maka paling lama merasakan gres cuma sebulan sebelum ganti tahun.

(fea/mik)


BACA JUGA