Tips Otomotif

Pasir Kucing Bisa Usir Embun Pada Kaca Mobil

CNN Indonesia | Jumat, 07/12/2018 15:51 WIB
Pasir Kucing Bisa Usir Embun Pada Kaca Mobil Foto: Istockphoto/Magryt
Jakarta, CNN Indonesia -- Hal paling menyebalkan ketika berkendara di musim hujan adalah embun pada kaca depan bagian dalam. Tidak hanya pandangan terbatas yang sangat mengganggu, tetapi juga sangat berbahaya saat mengemudi.

Embun pada kaca depan mobil kerap muncul umumnya terjadi saat pendingin ruangan atau AC tak mengembuskan suhu udara dingin secara maksimal. Dalam ini terjadi karena suhu udara di luar mobil lebih dingin dari suhu kabin mobil.

Mau tidak mau, pengendara harus menyeka kaca depan bagian dalam agar embun tidak menumpuk. Cara seperti ini harus dilakukan berulang-ulang saat mobil dalam keadaan bergerak. Aktivitas tersebut justru mengganggu konsentrasi pengemudi.
Kaca mobil berembun akibat suhu di luar lebih dingin dari suhu kabin mobil.Kaca mobil berembun akibat suhu di luar lebih dingin dari suhu kabin mobil. (Foto: Istockphoto/Willowpix)
Namun pengendara tak perlu khawatir karena ada cara untuk mengatasi embun pada kaca mobil, salah satunya menggunakan pasir kucing. Pasir untuk kotoran kucing itu dipercaya bisa mengusir embun pada kaca depan dilansir Autoevolution, Jumat (7/12).


Caranya, kita hanya perlu membungkus pasir kucing dengan kain. Bungkus dengan rapi dan usahakan tidak berceceran. Kemudian letakkan di dasbor. Usahakan sedekat mungkin dengan kaca.

Pasis kucing yang terbuat dari silika disebut bisa menghilangkan dan menyerap embun yang ada di dalam kabin mobil. Pengedara jangan khawatir muncul bau tak sedap selama penggunaan pasir kucing. Pasir kucing justru menyerap bau tak sedap.

Jadi tinggalkan kebiasaan mengoleskan kaca mobil dengan sampo atau cuka yang menimbulkan bau menyengat. (mik)




ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA