Toyota Rush Rakitan Sunter Goda Konsumen Nigeria

CNN Indonesia | Senin, 10/12/2018 11:33 WIB
Toyota Rush Rakitan Sunter Goda Konsumen Nigeria Toyota Rush versi Indonesia. (Foto: Dok. Toyota-Astra Motor)
Jakarta, CNN Indonesia -- Toyota di Nigeria membuka indikasi bakal meluncurkan Rush setelah terendus melakukan promosi model SUV itu di Abuja International Motor Fair (21 - 27 Oktober 2018). Rush yang bakal dijual didapatkan secara impor utuh dari Indonesia.

Media Nigeria, vanguardngr.com, memberitakan pekan lalu, pihak Toyota sudah menyebarkan brosur Rush saat pameran.

Sama dengan spesifikasi mesin di Indonesia, Rush di Nigeria memiliki mesin 4-silinder, 1.500 cc Dual VVT-i (2NR), dengan opsi transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan untuk transfer tenaga ke kedua roda belakang.


Rush di Nigeria bakal tersedia sistem 'Safe-T Plus' yang mencakup enam airbag, monitor blind spot, kontrol stabilitas kendaraan, dan sistem pra-tabrakan. Fitur itu mirip model Rush yang diekspor ke Malaysia.

Sistem pre-tabrakan merupakan fitur pengereman otonom yang bisa mengingatkan pengemudi atas kemungkinan tabrakan pada kecepatan 4-100 km per jam. Jika tidak ada respons pengemudi, sistem bakal mengerem sendiri untuk mencegah atau mengurangi kecelakaan.

Selain itu, Rush di Nigeria juga dilengkapi head unit 6,8 inci dengan mirroring gadget, panoramic view monitor dengan empat kamera, dan digital video recorder.

Toyota Indonesia Mengonfirmasi

Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam membenarkan Toyota Indonesia mengekspor Rush ke Nigeria. Ekspor itu sudah dimulai sejak September 2018.

Meski begitu Bob tidak menyebutkan berapa jumlah unit yang telah dikapalkan ke Nigeria. Hanya saja dikatakan jumlahnya terbatas.

"Pengiriman Rush ke Nigeria sudah dilakukan sejak September 2018 dalam jumlah terbatas. Hal ini salah satu upaya dan bagian dari proses untuk memperluas destinasi," kata Bob melalui pesan singkat, Senin (10/12).

Rush merupakan produk yang diproduksi Astra Daihatsu Motor di pabrik mereka di Sunter, Jakarta Utara. Ekspor produk Toyota dari Indonesia dikelola TMMIN. (ryh/fea)