Pelanggan Telkomsel Keluhkan SMS Iklan Mengganggu

CNN Indonesia | Kamis, 13/12/2018 12:07 WIB
Pelanggan Telkomsel Keluhkan SMS Iklan Mengganggu Ilustrasi (AFP PHOTO / ROSLAN RAHMAN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah pelanggan mengeeluhkan seringnya SMS promo yang dikirimkan Telkomsel. Beberapa mengeluhkan soal terlalu seringnya SMS iklan ini muncul sehingga terasa mengganggu.






Menanggapi hal ini, Telkomsel mengaku pihaknya telah membatasi jumlah SMS promo yang disebar pada pengguna.

"Di kita ada pembatasannya, meskipun location based juga ada batasnya. Sehari itu maksimal tiga per user (pengguna) per hari," jelas Vice President Digital Advertising and Banking Telkomsel, Harris Wijaya, saat ditanyai CNNIndonesia.com pada Rabu (12/12) di Pasific Place, Jakarta Pusat.

Pembatasan itu kata Haris sudah disetel sejak awal agar tidak menganggu pengalaman pengguna Telkomsel. Pembatasan juga berlaku untuk agensi periklanan untuk perusahaan besar seperti ritel, makanan dan minuman hingga bank yang menjadi klien terbesar Telkomsel.

"Tapi kadang-kadang pelanggan itu bingung, kan banyak nih SMS yang pakai long number nawarin apa aja kredit dan sebagainya seolah dari kami padahal bukan. Yang long number itu bukan dari Telkomsel," terus Haris.

Long number adalah nomor panjang yang berasal dari pengguna. Ada juga SMS yang berasal dari pihak ketiga yang diberi nama selain Telkomsel.

Bisnis iklan mobile sendiri diakui Telkomsel berkontribusi sebesar 6 persen terhadap bisnis digital perusahaan. Sementara sebelumnya, Manager Media Relation Telkomsel, Singue Kilatmaka mengungkap kontribusi bisnis digital sudah mencapai 46 persen dari total revenue Telkomsel.

Sektor ini diyakini akan mencapai lebih dari 50 persen pada akhir 2018.

Sementara itu, keluhan pelanggan di Twitter sebelumnya menyebutkan SMS promo Telkomsel sangat sering dikirimkan ke pengguna. Sebagian pengguna merasa terganggu karena hal tersebut. (kst/eks)