Google Assistant Bakal Bisa Prediksi Penundaan Penerbangan

CNN Indonesia | Kamis, 20/12/2018 07:13 WIB
Google Assistant Bakal Bisa Prediksi Penundaan Penerbangan Ilustrasi. (Foto: danist soh)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google Assistant dikabarkan akan kedatangan fitur baru untuk memberi notifikasi potensi penundaan jadwal penerbangan. Fitur ini kabarnya akan hadir di aplikasi Google Flights.

Nantinya dengan fitur ini, pengguna Assistant hanya cukup bertanya "Hai Google, apakah penerbangan saya tepat waktu?" atau "Bagaimana status penerbangan American Airlines dari Philadelphia ke Denver?".

Perusahaan yang berbasis di Silicon Valley, AS ini menggunakan kombinasi machine learning dan data history status penerbangan untuk memprediksi penundaan jadwal keberangkatan. Mereka mengklaim tingkat kepercayaan prediksi ini mencapai 85 persen.


Mengutip The Verge, Google mengatakan prediksi ini juga akan dilengkapi dengan alasan di balik penundaan penerbangan.

Kemunculan informasi penundaan penerbangan sebenarnya bukan hal baru. Layanan serupa sudah lebih dulu ditawarkan Apple yang mengirimkan notifikasi bagi pengguna yang menyimpan boarding pass pada fitur Wallet di iPhone atau iPad.

Tak hanya itu, saat ini kebanyakan maskapai penerbangan juga mengirim pemberitahuan lewat aplikasi, sure, pesan teks, hingga telepon. Bedanya, Google memberikan notifikasi sebelum ada pengumuman resmi dari maskapai penerbangan.

Di samping itu, pengguna sebenarnya juga bisa menggunakan situs seperti FlightAware untuk mencari tahu kendala yang mungkin jadi penyebab penundaan penerbangan. Bedanya, fitur yang ditawarkan Google menyederhanakan proses tersebut.

Laporan Ubergizmo menyatakan fitur baru Google Assistant ini mungkin akan tersedia dalam beberapa pekan ke depan. Namun, tak dijelaskan apakah fitur ini akan tersedia di semua negara dalam waktu bersamaan.

Sementara itu, fitur Google Flights disediakan untuk memudahkan pengguna saat mencari harga tiket dan bagasi barang bawaan sebelum memesan tiket. (kst/evn)