12 Gim dengan Pendapatan Tertinggi Versi Steam

CNN Indonesia | Kamis, 03/01/2019 01:28 WIB
Marketplace gim digital, Steam merilis 12 gim dengan pendapatan tertinggi sepanjang 2018. Ilustrasi. (REUTERS/Mike Blake)
Jakarta, CNN Indonesia -- Marketplace gim digital, Steam merilis 12 gim dengan pendapatan tertinggi sepanjang 2018. Ada tiga gim keluaran 2018 yang bertengger di puncak penjualan Steam.

Dilansir dari Business Insider, ketiga gim tersebut adalah Far Cry 5, Monster Hunter World dan Assasin Creed Odyssey. Sepanjang 2018 memang masih didominasi oleh gim-gim kelahiran 2015 seperti Rainbow Six Siege (2015), Rocket League (2015), dan Grand Theft Auto V (2015).

Bahkan gim seperti Counter Strike: Global Offensive (2012), Dota 2 (2013), dan Warframe (2013) juga masih diminati oleh gamer di seluruh dunia. Steam membagi tingkatan gim berdasarkan pendapatan menjadi platinum, gold, silver, dan bronze.
Perlu dicatat, tidak semua gim PC tersedia di Steam. Oleh karena itu, gim-gim populer seperti Fortnite, Overwatch, League of Legends, and World of Warcraft tidak masuk ke dalam daftar. Berikut 12 gim dengan pendapatan tertinggi pada 2018 versi Steam.


1. Warframe
Warframe adalah gim free to play online action. Warframe memiliki misi berdasarkan objek dengan gaya permainan yang open world. Warframe sudah ada sejak sekitar 2013.

Meskipun gim ini gratis, Warframe menawarkan pilihan armor, senjata dan item yang luas dan bisa dibeli oleh gamer.

2. Dota 2
Dota 2 adalah gim free to play yang dikembangkan oleh Valve. Sebagai catatan, Valve adalah perusahaan yang memiliki dan mengoperasikan Steam. Dota 2 sesungguhnya adalah mod dari Warcraft III.

Gim ini disebut-sebut sebagai pelopor gim Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Meskipun gratis, gim ini memperoleh pendapatan utama dari penjualan kosmetik yang bisa digunakan di gim.

Bahkan valve mengenalkan Dota Plus yang bisa digunakan dengan berlangganan bulanan untuk akses dengan statistik tingkat lanjutan dan fitur eksklusif.


3. Tom Clancy's Rainbow Six Siege

Gim dengan genre first person shooters ini secara mengejutkan sangat kompetitif di pasar. Sesunguhnya gim seri Rainbow Six sudah ada sejak tahun 90-an.

Di gim Siege, pemain bisa merekrut prajurit dengan kemampuan spesial yang disebut dengan "operators".

4. The Elder Scrolls Online
Gim ini menjadi salah satu dari gim yang paling diminati di pasar gim multiplayer online role-playing. Gim ini dibangun di latar dunia gim seri "Elder Scroll" seperti Skyrim dan Oblivian.

Untuk meningkatkan pendapatan, gim ini menawarkan layanan berlangganan ESO Plus yang memberikan pemain untuk mengakses seluruh konten unduhan yang sudah ada dan yang akan ada. Gamer juga bisa membeli mata uang di gim dengan uang sungguhan di Steam.

5. Assassin's Creed Odyssey
Assassin's Creed Odysses menjadi salah satu gim baru yang masuk ke daftar ini. Gim ini bergenre single player action-adventure game dari seri Assassin Creed sesudah Origin.

6. PlayerUnknown's Battlegrounds
PUBG menjadi primadona bersama Fornite sebagai gim yang mempopulerkan genre battle-royale. PUBG saat ini menjadi gim terpopuler di steam dengan satu juta pemain.

PUBG dijual US$30 atau sekitar Rp420 ribu di Steam. PUBG juga menjual item 'kosmetik' untuk mempercantik avatar dari karakter gim.

7. Counter Strike Global Offensive
Counter Strike bisa disebut sebagai 'founding father' dari genre first person shooter yang kemudian menginspirasi seluruh generasi gim dengan genre tesebut.

Counter Strike menawarkan 'kosmetik' untuk senjata dan hadiah lainnya. Selain itu, Counter Strike juga bisa memberikan uang untuk pemain dengan menukar item langka untuk uang asli.
8. Monster Hunter World
Dalam gim ini, pemain bisa menjadi makhluk-makhluk "cantik" seperti naga atau hewan liar lainnya. Bahkan pemain bisa menaklukkan naga atau hewan liar ini untuk dijadikan peliharaan.

"Monster Hunter" merupakan salah satu merek gim yang paling terkenal di Jepang dan memiliki basis fans yang cukup besar.

9. Sid Meier's Civilization VI
Meskipun gim ini masuk daftar gim dengan pendapatan tertinggi, tapi perkembangan gim ini sangat lambat. Pembaruan dari pihak pengembang baru ada pada tahun ini dan Februari 2019.

Padahal gim ini sudah dirilis dari 2016. Downloadable Conten (DLC) pertama adalah "Rise and Fall". DLC kedua berjudul Gathering Storm yang akan dirilis Februari 2019.

10. Far Cry 5
Far Cry 5 menjadi salah satu gim kelahiran 2018 dengan pendapatan terbaik di Steam. Seperti gim Ubisoft lainnya, pendapatan utama gim ini berasal dari DLC tambahan.

11. Rocket League
Gim yang dikembangkan oleh pengembang kecil ini menjadi salah satu cerita sukses yang bisa ditemukan di Steam. Ide dasarnya adalah untuk bermain bola dengan mobil terbang.

Ide ini cemerlang dan terbukti dengan jumlah pengguna yang mencapai 40 juta orang pada Januari 2018. Gim ini bahkan sudah membangun sirkuit eSport sendiri.

12. Grand Thef Auto V
GTA V menjadi salah satu franchise gim terpopuler sepanjang masa. Pada tahun ini GTA V memiliki pencapaian mentereng sebagai salah satu dari tiga gim yang mencapai penjualan 100 juta kopi gim di berbagai platform. (jnp/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK