Mitsubishi Buka Suara Soal Desain Avanza

CNN Indonesia | Senin, 07/01/2019 10:16 WIB
Mitsubishi Buka Suara Soal Desain Avanza Mitsubishi Xpander. (Foto: Dok. Mitsubishi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Viral bocoran wajah baru Toyota Avanza mendapat komentar dari rival, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Menurut pihak MMKSI, desain Avanza belum cukup untuk "menggoyang" Xpander.

Sejak November, bocoran soal Avanza terus mengalir satu per satu hingga akhirnya berbagai foto dan video yang viral menunjukkan sebagian besar desainnya.

[Gambas:Instagram]


Wajah Avanza berubah drastis mengikuti desain MPV mewah Toyota Voxy. Avanza terbaru juga diketahui punya fitur kekinian seperti lampu depan LED, 'follow me home', keyless, tombol start stop engine, headunit baru ukuran 6 inci yang terkoneksi dengan enam speaker, serta panel AC digital.

Toyota juga dikabarkan telah menyempurnakan suspensi Avanza dan memperbaiki kualitas peredam agar kabin terasa lebih senyap.

Menurut kabar yang beredar, desain baru Avanza bakal meluncur pada pertengahan Januari.

Deputy Group Head Planning & Communication Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Intan Vidiasari menyakini wajah baru Avanza tidak akan sampai membuat calon, atau bahkan konsumen Xpander lari.

"Namun kami pun percaya bahwa Xpander merupakan produk yang saat ini masih sangat diminati konsumen karena keunggulan yang memiliki diferensiasi di kelas small MPV ini," kata Intan melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Senin (7/1).

Mitsubishi Xpander. (Foto: mitsubishixpander.com)

Intan mengatakan selain dari segi desain, Xpander juga mempunyai sejumlah fitur yang menguntungkan konsumen. Seperti diketahui, fitur terbaru dari Xpander adalah cruise control untuk varian tertinggi, Ultimate.

"Konsumen memiliki nilai lebih bersama Xpander dengan desain, fitur serta kenyamanan yang mendominasi di kelasnya," ucap Intan.

Meski tetap percaya diri, Intan mengaku pihaknya tetap waspada atas pergerakan Avanza. MMKSI menyadari penyegaran Avanza bakal memperketat pertarungan di kelas low MPV.

"Kami percaya produk baru dari kompetitor akan mengalami banyak penyegaran, dan tentunya akan menjadikan kompetisi menjadi semakin ketat lagi," kata Intan.

Tahun lalu, Avanza dan Xpander seolah bertarung tanpa henti sepanjang tahun. Toyota berusaha menggelontorkan lebih banyak unit Avanza ke dealer, sedangkan Mitsubishi berupaya keras meningkatkan produksi buat memenuhi inden domestik Xpander.

Meski terus diganggu, selama 11 bulan pada 2018, penjualan Avanza lebih unggul dari Xpander berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia. Pada periode itu, Avanza laku 75.654 unit sedangkan Xpander 71.224 unit.

[Gambas:Video CNN] (ryh/fea)