Check-In Pesawat dan Booking Hotel Bisa Lewat Perintah Suara

CNN Indonesia | Jumat, 11/01/2019 05:25 WIB
Check-In Pesawat dan Booking Hotel Bisa Lewat Perintah Suara Ilustrasi. (REUTERS/Steve Marcus)
Jakarta, CNN Indonesia --
Google Assistant kedatangan sejumlah fitur baru yang sempat dibocorkan tahun lalu. Kemampuan barunya termasuk check-in dan booking hotel hingga terintegrasi dengan Google Maps untuk mempermudah pengguna yang sedang dalam perjalanan.
Ubergizmo menulis Google Assistant sudah memungkinkan pengguna untuk mencari penerbangan yang akan datang, melacak status penerbangan, dan mendapatkan harga namun kemampuan ini sedang dikembangkan.
Google Assistant akan segera memungkinkan pengguna untuk check-in untuk penerbangan mereka, menyimpan, dan mengambil boarding pass di Assistant baik di Android maupun iOS.
Penerbangan domestik di Amerika bahkan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pemberitahuan check in lewat Gmail. Pengguna juga dapat mengatakan, "Hai Google, check-in ke penerbangan saya" untuk meminta Assistant melakukan perintah.
Setelah check-in, boarding pass akan terlihat di Google Play dengan mengatakan "Hai Google, tunjukkan boarding pass saya." Fitur ini akan diluncurkan pertama dengan penerbangan domestik di United Airlines dan akan diperluas ke lebih banyak maskapai dan penerbangan.
Selain itu, TechCrunch juga menambahkan bahwa Google Assistant bisa melakukan check-in untuk hotel-hotel yang menjadi rekanannya. Google telah bermitra dengan Choice Hotels, AccorHotels, InterContinental Hotels Group, Priceline, Mirai, dan Travelclick.
Pengguna harus tahu kapan dan ingin menginap di hotel mana. Fitur seperti ini mungkin akan lebih berguna bagi pengguna yang secara teratur menginap di hotel yang sama di setiap perjalanan.
Assistant akan memesankan kamar hotel jika diperintah, "Hai Google, saya ingin memesan kamar di Roosevelt Hotel New York pada 12 Januari". Ini akan menunjukkan ketersediaan, tarif, dan memungkinkan pengguna dengan mudah memesan kamar dengan pembayaran melalui Google Pay.
Ditambah lagi, Assistant juga dibekali dengan integrasi ke Maps. Pengguna kini dapat mengontrol navigasi menggunakan suara mereka, menanggapi pesan teks dengan tanda baca otomatis menjadi salah satu fitur, dan mengontrol musik.
Fungsionalitas Android akan lebih dibanding iOS di mana Assistant akan dapat mengirim pesan melalui aplikasi lain seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Hangouts, Viber, Telegram, dan sebagainya.
Kendati demikian, perilisannya masih dalam proses. Artinya belum semua pengguna di dunia ini bisa mencoba kemampuan baru Assistant.



(kst/age)