Bukalapak Janji Kembalikan Uang Jika Terbukti Bersalah

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 10/01/2019 17:15 WIB
Bukalapak Janji Kembalikan Uang Jika Terbukti Bersalah Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- CEO Bukalapak Achmad Zaky mengatakan bersedia mengganti uang pengguna platformnya sebesar Rp9 juta yang menghilang jika terbukti pihaknya bersalah.

Zaky juga mengatakan pihaknya sejauh ini dalam proses pendalaman kasus oleh tim trust and safety Bukalapak yang berkoordinasi dengan Bareskrim Polri meski korban belum membuat laporan resmi.

"Kita ganti biasanya kalau memang itu kesalahan kita, kita ganti [uangnya]," kata Zaky saat ditemui usai Perayaan Ulang Tahun Ke-9 Bukalapak di Jakarta Convention Center, pada Kamis (10/1).


Untuk menghindari hal serupa terjadi lagi, pria berkacamata ini mengatakan pihaknya mengerahkan sekitar 100 orang untuk menangani masalah keamanan dalam bertransaksi.

Namun, ia tak memungkiri jika hal itu saja tidak cukup jika pengguna masih tidak sadar terhadap ancaman pembajakan di sekitar mereka.

"Makanya kita juga ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih aware dengan yang namanya phising. Jangan mudah tergiur dengan sesuatu yang murah apalagi transaksi di luar platform kami," paparnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, salah seorang korban bernama Isaac menerangkan bahwa pelaku pencurian menggunakan modus tautan berbahaya yang dikirimkan ke kotak pesan korban di Bukalapak.

Isaac yang awalnya ingin membeli produk Google Pixel 1 XL dengan harga Rp 2,4 juta harus kehilangan uangnya karena membuka tautan yang mengatas namakan tim Privacy Policy Bukalapak.Tim itu menyebut Isaac menjual barang fraud.

Tautan yang diberikan tersebut membuatnya log-in ke dalam akun Bukalapak miliknya. Setelah itu, tiba-tiba layar ponselnya hitam. 

Beberapa detik kemudian ia mendapatkan notifikasi "pembayaran pulsa berhasil". Alhasil uang untuk membayar Google Pixel 2 XL tersebut raib dicuri peretas. (kst/evn)