Samsung dan MediaTek Kemungkinan Bakal Pasok Cip 5G Apple

CNN Indonesia | Senin, 14/01/2019 09:46 WIB
Samsung dan MediaTek Kemungkinan Bakal Pasok Cip 5G Apple Ilustrasi (REUTERS/Hannibal Hanschke)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple tengah melakukan pembicaraan dengan Samsung, MediaTek, dan Intel, untuk membicarakan kemungkinan mereka memasok cip modem 5G untuk iPhone berikutnya. Jaringan 5G digadang-gadang menawarkan kecepatan internet lebih gegas dari 4G.

Hal ini diungkap berdasarkan pengakuan Eksekutif Rantai Pasokan Apple Tony Blevins dalam persidangan dengan Qualcomm dan Komisi Federasi Perdangangan Amerika Serikat (FTC), Jumat (11/1), seperti dilaporkan Reuters.

Namun, Blevins tidak menyebut apakah Apple akan memproduksi iPhone dengan koneksi 5G pada 2019. Menurut sumber Bloomberg, Apple tidak akan meluncurkan ponsel 5G hingga 2020.


Menurut Blevins, pembicaraan dengan Samsung yang menjadi rival utamanya bukanlah hal yang ideal bagi perusahaannya. Tapi Samsung saat ini menjadi pemasok komponen terbesar Apple.

Sebelumnya pada 2011 dan 2016, Qualcomm menjadi satu-satunya pemasok cip modem untuk iPhone. Cip inilah yang membantu menangkap sinyal secara nirkabel dari operator. Mulai 2016, Apple membagi pasokan modem antara Qualcomm dan Intel. Namun pada 2018, Apple hanya menggunakan cip modem Intel untuk ponsel-ponselnya.

FTC menuntut Qualcomm telah melakukan praktek antikompetitif terkait paten lisensi untuk mempertahankan posisi dominan di pasa cip modem premium.

Di pengadulan federal San Jose, California, Blevins mengaku kalau Apple sebenarnya telah lama mencari variasi pemasok cip modem. Tapi meeka telah menandatangani kesepakatan dengan Qualcomm sebagai pemasok eksklusif karena mereka menawarkan potongan biaya lisensi jika mereka menjadi pemasok eksklusif.

Pada 2013, Apple tidak jadi bekerjasama dengan Intel sebagai pemasok iPad Mini 2. Sebab, Apple akan kehilangan rabat yang ditawarkan Qualcomm jika menggunakan cip Intel. Setelah tahun itu, negosiasi dengan Qualcomm tidak berjalan seperti harapan Apple. Sehingga, mereka mencari pemasok modem kedua.

"Kami tidak ingin mereka menjadi pemasok tunggal. Kami ingin keduanya, baik Qualcomm (dan Intel) menjadi pemasok bersama," jelas Blevins.

Baru pada 2016 dan 2017, Apple menggunakan cip modem Intel pada iPhone. Namun, sebagian modem masih dipasok oleh Qualcomm. Tuntutan Apple terhadap Qualcomm dibukukan pada awal 2017. Sejak saat itu, hubungan bisnis keduanya berubah menjadi negatif. Hingga Apple akhirnya memilih hanya menggunakan modem Intel pada 2018. (eks/eks)