Elon Musk Pamer Prototipe Roket Retro Starship

CNN Indonesia | Senin, 14/01/2019 11:21 WIB
Elon Musk Pamer Prototipe Roket Retro Starship Ilustrasi SpaceX. (Foto: SpaceX-Imagery/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- CEO dan pendiri SpaceX Elon Musk pamer foto pertama roket Starship pada Kamis (10/1). Roket raksasa ini rencananya akan dipakai untuk misi mengirim dua orang manusia ke Bulan dan Mars.

Tampilan roket yang dibalut dalam warna silver mengkilap ini menunggu jadwal tes peluncuran perdana di Texas dalam beberapa pekan kedepan.

"Pengujian roket Starship baru selesai di pusat perakitan SpaceX di Texas. Ini adalah gambar sebenarnya, bukan grafik komputer," tulis Musk dalam cuitannya.




Prototipe Starship dibangun di Boca Chica, Gulf Coast, Texas. Roket generasi terbaru SpaceX ini memiliki diameter sembilan meter dan tinggi 118 meter.

Dilansir AFP, uji terbang pertama Starship direncanakan akan dilakukan Maret atau April tahun ini. Roket ini ditargetkan bisa melalu uji terbang perdana hingga jarak beberapa kilometer di udara, sebelum mendarat kembali di Bumi.

Nantinya prototipe orbital akan dipasangkan dengan roket pendorong raksasa, Super Heavy.

Serangkaian uji terbang rencananya bisa mengirim manusia ke Bulan, permukaan Bulan, Mars, untuk kemudian kembali ke Bumi.

Sebelumnya pada November lalu, Musk mengganti nama Big Falcon Rocket (BFR) menjadi Starship. Kedepannya, Musk menargetkan roket raksasanya ini mampu menampung 100 penumpang dalam sekali angkut.

Selain mengandalkan Starship, SpaceX mengandalkan roket Falcon 9 dan Falcon Heavy untuk misi ke luar angkasa. (AFP/evn)