Mercedes-Benz Berusaha Jadi Anggota Gaikindo Lagi

CNN Indonesia | Selasa, 15/01/2019 10:11 WIB
Mercedes-Benz Berusaha Jadi Anggota Gaikindo Lagi Logo Mercedes-Benz. (Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada kemungkinan Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) kembali menjadi anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada tahun ini. Wakil Jerman itu telah dipecat Gaikindo pada awal tahun lalu karena masalah setoran data penjualan.

MBDI menolak menyerahkan data penjualan sejak Mei 2017, padahal anggota lain mau melakukannya. Gaikindo merasa tidak adil bila hanya MBDI yang eksklusif maka keputusannya adalah memberhentikan keanggotaan pada pertengahan Februari 2018.

Kini, hampir setengah tahun sejak pemberhentian, MBDI menjelaskan hubungannya dengan Gaikindo "tidak ada masalah". Bahkan pihak MBDI mengungkap sudah ada pembicaraan mengenai upaya kembali menjadi anggota Gaikindo.


"Kami sedang berupaya hingga kami bisa menjadi anggota lagi. Tetapi itu belum final dan kami berharap bisa final pada paruh pertama tahun ini," ujar Presiden Direktur MBDI Roelof Lamberts di Magelang, Senin (14/1).

Pilihan Redaksi
    Roelof mengatakan sebenarnya MBDI tidak bermasalah dengan kebutuhan dan tugas Gaikindo mengumpulkan data penjualan dari anggotanya. Masalah buat MBDI yakni publikasi data tersebut oleh Gaikindo.

    "Kami tetap pada posisi ini selama itu tidak terverifikasi dari institusi tertentu," kata Roelof.

    Menurut Roelof mesti ada kepastian hukum yang melegalkan publikasi data dari Gaikindo. Dikatakan belum jelas aktivitas itu apakah bermasalah dengan hukum persaingan usaha yang berlaku di Indonesia atau tidak.

    "Buat kami tidak ada masalah, selama ada kerangka hukum buat kami untuk membagikan data kemudian dipublikasi Gaikindo. Kami tidak masalah, hanya saja perlu diperjelas itu ok secara hukum untuk dilakukan," ucap Roelof.

    Dari hasil perbincangan MBDI dengan Gaikindo sejak tahun lalu dikatakan Roelof bahwa Gaikindo bakal berupaya mengklarifikasi hal tersebut. Disebut kepastian hukum itu bukan cuma kepentingan MBDI tetapi juga sanggup memberikan ketenangan pada anggota lain.

    "Itu butuh waktu untuk diselesaikan. Itu tidak apa-apa, kami tidak buru-buru. Kami sangat senang bila kembali lagi," kata Roelof. (fea)