Rahasia Kenyamanan 'Kaki' Toyota Avanza 2019

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 16/01/2019 10:10 WIB
Rahasia Kenyamanan 'Kaki' Toyota Avanza 2019 Desainer Toyota Avanza Kazutoshi Sakamoto menyebut bahwa telah memperbarui sektor suspensi. Bagian ini disempurnakan untuk menghindari cibiran dari konsumen, dan masyarakat yang mengendarai merek kompetitor. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Toyota meningkatkan kenyamanan Avanza 2019 berkat perubahan suspensi depan dan belakang. Pembaruan ini 'dipaksakan' meski Avanza model terbaru tetap mempertahankan sasis unibody model lawas yang diluncurkan pada 2011 atau Avanza generasi kedua.

Memang sejak awal diluncurkan, Toyota Avanza mendapatkan antusias yang sangat besar dari masyarakat Indonesia. Kehadirannya sangat memukau hingga akhirnya berhasil menjadi mobil keluarga terlaris di Indonesia. Namun konsumen cukup mengeluhkan bagian kaki-kaki yang dianggap tidak memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik.

New Avanza and new Veloz Executive Chief Engineer Kazutoshi Sakamoto punya jawaban untuk konsumen yang meragukan Avanza dan Veloz 2019. Ia menyebut bahwa telah memperbarui sektor suspensi. Bagian ini disempurnakan untuk menghindari cibiran dari konsumen, dan masyarakat yang mengendarai merek kompetitor.
Ubahan pertama yang dilakukan ada pada shock absorber bagian depan dan belakang. Untuk bagian ini, insinyur Toyota mengklaim menghasilkan racikan suspensi yang mampu mengurangi efek mentul-mentul saat bergerak di jalan rusak dan bergelombang.
Shock absorber bagian depan dan belakang telah direvisi untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.Shock absorber bagian depan dan belakang telah direvisi untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. (Foto: CNN Indonesia/Muhammad Ikhsan)
Selanjutnya coil spring yang kini jumlah putaran ulirnya lebih sedikit yang diakui lebih sensitif ketika menerima kejutan. Perubahan pada komponen itu diikuti bagian bushing strut bar, bushing swing arm dan bushing lateral rod. Bushing-bushing itu dibuat lebih rigid agar kuat menahan beban.

"Untuk menambah kenyamanan kami tingkatkan kemampuan suspensi untuk bagian coil spring dan shock absorber," kata Sakamoto dalam acara peluncuran Avanza dan Veloz 2019 di Jakarta, kemarin.
Tak ketinggalan, Avanza baru juga menerima peredam suara lebih baik. Tujuannya untuk menghambat suara bising mesin dan kendaraan lain masuk ke dalam kabin penumpang. Sistem peredam itu disebar mulai insulator yang diletakkan di sasis bagian belakang, floor serta dash panel bagian depan.

"Kesenyapan kabin penumpang juga kami perhatikan demi meningkatkan pengalaman berkendara konsumen," ucap Sakamoto.


Toyota Avanza dan Veloz 2019 dijual mulai Rp188,6 juta sampai Rp239,45 juta on-the-road. Untuk menyaingi pesaingnya, mobil ini dilengkapi fitur keselamatan Dual SRS airbags, seatbelt with pretensioner & force limiter, ABS (anti-lock braking system), ISOFIX, 3-points seatbelt, side impact beam, dan front passenger seat belt warning. (mik)